Wortel. Sayuran yang Dikenal Menyehatkan Mata

Manfaat Sayuran Wortel - Tipraktis.blogspot.com Nama latin Wortel adalah Daucus carotaWortel menjadi salah satu sayuran yang sudah dikenali banyak orang di seluruh kolong jagat raya ini. Warnanya yang orange membuat sayuran ini mudah dibedakan dengan sayuran yang lain. Orang hanya mengetahui wortel sangat baik untuk kesehatan mata, namun bukan hanya itu manfaat sayuran wortel. Kandungan nutrisi yang dimiliki wortel sangat banyak dan mampu menutrisi kebutuhan tubuh dalam setiap harinya, banyak varian yang bisa kita buat untuk mengkonsumsinya. Anda bisa mengkukus wortel, membuat jus wortel atau dicampur dengan sayuran yang lain. Konsumsilah sesuai dengan selera anda yang mampu menambah nafsu makan. Bagi anda yang mempunyai anak balita, biasakanlah anak anda untuk mengkonsumsi wortel agar baik untuk kesehatannya. Manfaat Sayuran Wortel begitu tinggi, namun banyak dilupakan orang karena keengganan mereka untuk mengkonsumsinya. 
Manfaat Sayuran Wortel
Manfaat Sayuran Wortel

Untuk mengkonsumsi wortel bisa dengan cara dijus, dikukus ataupun dicampur dengan sayur sop. Berikut manfaat sayuran wortel yang akan penulis jelaskan :
  • Menyehatkan mata.
Kandungan betacaroten (Baca juga Manfaat Luar Biasa Betakaroten bagi Tubuh) akan diubah menjadi vitamin A oleh organ hati. Maka tidak mengherankan kalau wortel terkenal sebagai sayuran yang mempunyai manfaat untuk menyehatkan mata. Organ mata akan terjaga kesehatannya selama kita mampu mengkonsumsi wortel secara rutin. Ini merupakan manfaat sayuran wortel yang paling dikenal orang, maka tidak heran jika mata kelinci sangat bagus. (hahaha)
  • Mencegah jerawat.
Manfaat Sayuran Wortel juga bisa mencegah jerawat. Bagi pembaca yang bermasalah dengan jerawat, bisa menggunakan wortel untuk menghilangkannya. Tingkat ph normal kulit akan stabil apabila mengkonsumsi wortel secara teratur. Jadi untuk menghilangkan jerawat dari dalam bisa dengan cara mengkonsumsi wortel secara rutin. Ingat, secara rutin ! Jangan mengharapkan wajah anda bisa bebas dari jerawat kalau mengkonsumsi wortelnya juga jarang atau bahkan tidak sama sekali ! (Baca juga : Cara Alami Menghilangkan Jerawat)
  • Termasuk sayuran anti kanker.
Kandungan falcarinol dan falcarindiol bersifat anti kanker dan efektif menangkal kanker paru-paru, kanker payudara, dan usus besar. Semakin dahsyatnya produk makanan instan baik dari luar ataupun produksi dalam negeri, sangat mengancam kesehatan kita terutama resiko . Mengapa Demikian ? karena makanan instan tersebut mengandung bahan pengawet, pewarna dan penyedap rasa yang berbau kimia. Untuk itu kita perlu menyeimbangkannya melalui konsumsi sayuran terutama wortel. 
  • Mencegah stroke.
Manfaat sayuran wortel yang keempat adalah mencegah stroke. Mengkonsumsi wortel secara rutin dapat mencegah stroke yang sangat berbahaya bagi tubuh dan mengancam kelangsungan hidup. Stroke masih menjadi penyakit teratas yang mengancam hidup seseorang, Oleh karena itu perlu konsumsi wortel secara rutin dan rasakan manfaat sayuran wortel bagi tubuh anda.
  • Membersihkan racun pada tubuh.
Vitamin A yang ada pada wortel dapat membersihkan usus besar, empedu dan lemak pada organ hati secara efektif dan tentunya secara alami. Ternyata manfaat sayuran wortel mampu mendetoxifikasi saluran pencernaan dari berbagai racun yang ada pada tubuh, sehingga melancarkan pencernaan. (Baca juga Air Putih mampu Mendetoxifikasi Saluran Pencernaan Tubuh)
  • Mengurangi rambut rontok.
Manfaat sayuran Wortel juga ternyata bisa mengurangi rambut rontok. Vitamin A dan Beta-caroten yang tinggi memperlancar sirkulasi darah di sekitar kepala, sehingga mengurangi rambut rontok dan pertumbuhan rambut yang lebih sehat. Nah, bagi anda yang mengalami gangguan pada rambut, tidak perlu datang ke salon kecantikan. Anda cukup mengkonsumsi wortel secara rutin, sekali lagi kuncinya adalah RUTIN ! (Baca juga Cara Mengatasi Rambut Rontok)
  • Mengatasi hipertensi (darah tinggi).
Berita gembira bagi penderita hipertensi, Manfaat sayuran wortel yang ini dapat mengatasi hipertensi. Siapkan 500-600 gram wortel yang sudah dicuci bersih, kemudian potong-potong dan masukkan kedalam blender lalu beri air matang secukupnya. Setelah diblender, saringlah dan minum segera. Sangat efektif apabila rutin meminumnya 3 kali sehari. 
  • Menurunkan kolesterol.
Untuk manfaat sayuran wortel yang terakhir adalah mampu menurunkan kolesterol. Kandungan magnesium dalam wortel membantu menurunkan dan mengontrol level kolesterol dalam tubuh. Kelebihan kadar kolesterol dalam tubuh tidak baik untuk kesehatan, maka cara ampuh untuk menurunkannya yaitu dengan mengkonsumsi wortel !

Itulah Manfaat Sayuran Wortel bagi tubuh, mengkonsumsi wortel secara rutin sangat dianjurkan bagi orang yang mengalami gangguan mata. Semoga bermanfaat. Salam Pola Hidup Sehat. 

Baca juga artikel mengenai 6 Manfaat Buah Naga yang Dahsyat untuk Kesehatan.

0 komentar:

Posting Komentar