Definisi dan Peran Asam Folat untuk Tubuh

Asam Folat - Tipraktis.blogspot.com Asam Folat dalam bahasa inggris disebut folic acid. Asam Folat adalah vitamin yang larut dalam air. Kita sering mendengar bahwa ibu hamil harus mendapatakan asupan folat yang cukup agar bayi yang dilahirkan tidak mengalami kecacatan. Asam Folat sangat baik dalam mendukung pertumbuhandan perkembangan sel. Manusia membutuhkan asam folat untuk mendukung produksi sel darah merah dan mencegah anemia. Ibu atau perempuan yang merencanakan untuk hamil perlu memenuhi kebutuhan asam folatnya, minimal 4 bulan sebelum dia hamil, agar kecacatan saraf pada bayi bisa dicegah.
Asam Folat
Penyakit Kekurangan Asam Folat
Ada beberapa Penyakit berbahaya yang diakibatkan Kekurangan Asam Folat, berikut diantaranya :

1. Anencephaly 
Ini terjadi pada kelahiran bayi yang tidak normal karena saat ibu hamil kekurangan asam folat. Anencephaly merupakan kelainan pada otak, dimana bayi yang lahir tidak memiliki otak atau otak pada bayi tersebut tidak terbentuk. Oleh karena itu ibu hamil perlu mencukupi asam folatnya agar terhindar dari kelainan tidak terbentuknya otak. Bayi yang menderita penyakit ini ditandai dengan tengkorak kepala bayi tidak berkembang secara maksimal. (Baca juga Definisi dan Peran Asam Folat untuk Tubuh)

2. Spina Bifida
Ada yang tahu apa yang dimaksud dengan spina bifida ? Spina bifida adalah sumbing tulang belakang. Dimana saat bayi dalam kandungan, pertumbuhannya terhambat karena kekurangan asam folat sehingga pelindung tulang belakang yang melindungi sumsum tulang belakang tidak berkembang secara tepat. Maka ketika bayi lahir akan mengalami kecacatan fisik maupun mental. Oleh karena itu penting untuk memperhatikan asupan asam folat.

3. Encephalocele
Penyakit ini memang masih asing di telinga kita, tapi kita harus mengetahui hal itu. Encephalocele adalah benjolan yang terjadi pada kepala karena kelainan tabung saraf. Tengkorak bayi yang memiliki penyakit ini tidak menutup sepenuhnya, sehingga mungkin sebagian otak bayi keluar melalui lubang di tengkorak atau membran yang menutupi otak dan sumsum tulang belakang. Sebaiknya Ibu Hamil memperhatikan asupan gizi terutama Asam folat pada masa awal kehamilan, agar bayi lahir dengan selamat dan sehat.
Asam Folat
Asam Folat dalam bentuk tablet

Makanan yang mengandung asam folat diantaranya bayam, lobak cina, brokoli, kacang polong, tomat, jeruk, kentang, telur dan hati. Untuk makanan yang berjenis sayuran, anda bisa membuatnya menjadi salad, dan kandungan asam folat yang dibuat salad akan tetap terjaga. Seperti yang telah disebutkan diatas bahwa asam folat mudah larut dalam air, jadi dalam mengolahnya harus hati-hati untuk menghindari hal itu.

Para ahli yang telah melakukan penelitian meyakini bahwa asam folat efektif mencegah kanker usus besar, kanker serviks (kanker mulut rahim), membantu mengatasi masalah daya ingat, mencegah osteoporosis, dan mengatasi nyeri saraf. 

Itulah postingan pada kesempatan ini mengenai Definisi dan Peran Asam Folat. Semoga bermanfaat. Salam Pola Hidup Sehat. 
thumbnail
Judul: Definisi dan Peran Asam Folat untuk Tubuh
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh

Artikel Terkait Istilah Kesehatan :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2013. About - Sitemap - Contact - Privacy
Template Seo Elite oleh Bamz