Manfaat Sayuran Brokoli untuk Kesehatan

Manfaat Sayuran Brokoli - Tipraktis.blogspot.com Brokoli mempunyai nama latin yaitu Brassica oleracea L. Menurut literatur yang ada, brokoli berasal dari Laut Tengah dan telah dibudidayakan sejak zaman Yunani Kuno. Awalnya, Untuk di Indonesia sendiri brokoli merupakan sayuran yang cukup langka dan berharga mahal. Dengan perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan, akhirnya brokoli dapat dibudidayakan di Indonesia terutama di daerah yang cukup dingin seperti Lembang (Bandung) dan Malang.
Manfaat Brokoli
Manfaat Sayuran Brokoli

Brokoli dipandang sebagai sayuran yang mempuyai kelas, mahal dan mewah. Biasanya masyarakat menggunakan brokoli sebagai salad, dimakan mentah, agar nutrisinya terjaga. Untuk yang tidak suka salad, pembaca dapat memasaknya bersama dengan sayuran yang lain. Nutrisi yang ada pada brokoli ini cukup tinggi, sangat baik untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dalam tubuh. 

Berikut manfaat sayuran brokoli dan kandungan nutrisinya :

  • Manfaat yang pertama adalah Mencegah penyakit kardiovaskular. Kandungan vitamin B6 dan asam folat yang terkandung dalam brokoli mampu melindungi terhadap penyakit jantung dan stroke. Anda bisa memasak brokoli dengan berbagai varian, sesuai selera dan kesukaan. Yang terpenting adalah anda bisa merasakan manfaat sayuran brokoli bagi kesehatan jantung. (Baca juga Definisi dan Peran Asam Folat untuk Tubuh)
  • Nah, manfaat sayuran brokoli yang kedua adalah Mengontrol tekanan darah. Brokoli mengandung potassium yang mampu membantu menstabilkan tekanan darah dan menjaga system saraf menjadikan fungsi otak lebih sehat. Ini kabar gembira bagi yang menderita darah tinggi, bahwa brokoli menjadi solusi untuk mengobati tekanan darah yang berlebih.  
  • Meningkatkan daya tahan tubuh. Kadar tinggi vitamin C yang ada pada brokoli dapat meningkatkan system daya tahan tubuh. Kandungan fitonutrien dan fitokimia, termasuk sukforaphane dapat membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh dan memperkuat ketahanan fisik terhadap flu. Jadi untuk mendapatkan daya tahan tubuh yang kuat, konsumsilah brokoli secara rutin. 
  • Manfaat sayuran brokoli juga ternyata bisa Mengontrol Diabetes. Brokoli memiliki kandungan kromium yang tinggi yang dapat membantu insulin diabetes, bagi anda yang menderita diabetes tidak perlu khawatir untuk mengkonsumsi brokoli.
  • Manfaat sayuran brokoli yang selanjutnya adalah Mencegah perasaan depresi. Suasana hati anda tidak menentu ? konsumsilah brokoli, karena mampu meningkatkan suasana hati dan mencegah depresi. Brokoli menjadi sumber folat dan vitamin B. Orang yang cenderung mudah mengalami depresi dalam menjalani hidup, kelelahan, daya ingat yang buruk, dan masalah mental merupakan orang yang kekurangan folat.
  • Mempertahankan kehamilan yang sehat. Bagi para ibu yang sedang mengandung anak atau hamil, dapat dianjurkan untuk mengkonsumsi brokoli yang merupakan sumber folat sehingga membantu mencegah cacat saraf seperti sfinabifida pada janin. Wanita yang hamil membutuhkan folat sebagai asupan nutrisinya. Dan kami merekomendasikan brokoli untuk dikonsumsi oleh Ibu Hamil agar bayi yang lahir sehat sesuai harapan. (Baca juga Kelapa Muda, antara Mitos dan Fakta untuk Kehamilan)
  • Untuk manfaat sayuran brokoli yang terkahir adalah Mencegah anemia. Anemia berhubungan dengan kekurangan zat besi. Dalam brokoli ditemukan kandungan zat besi dan asam folat yang dapat membantu mencegah anemia kekurangan zat besi.
Demikian Manfaat Sayuran Brokoli yang sangat baik untuk kesehatan tubuh, terutama bagi orang yang sedang melaksanakan program diet, brokoli yang kaya akan serat membuat tubuh menjadi kenyang lebih lama. 
Semoga bermanfaat. Salam Pola Hidup Sehat. 

0 komentar:

Posting Komentar