Jambu Biji yang Menggiurkan dan Bermanfaat.

Manfaat Buah Jambu Biji - Tipraktis.blogspot.com Jambu biji mempunyai nama latin yaitu Psidium Guajava L. Buah ini banyak ditanam masyarakat di halaman Rumah, zaman dulu buah ini digunakan oleh nenek kakek moyang kita untuk mengobati demam. Jambu biji tumbuh di daerah tropis seperti Indonesia.
Manfaat Buah Jambu Biji
Manfaat Buah Jambu Biji
Dagingnya ada yang berwarna putih ada juga yang berwarna merah, rasanya manis, terkadang asam dan ada juga yang rasanya sepet. Masyarakat sudah mengenal jambu biji, namun sering malas mengkonsumsi karena bijinya yang banyak, untuk mensiasati agar bijinya tidak termakan, anda bisa menikmatinya dengan cara dijus.

Jambu biji mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan tubuh yang baik untuk kesehatan, terutama jambu biji yang berwarna merah. Buah ini kaya akan vitamin C dua kali lipat dari jeruk, terdapat pada kulit dan daging bagian luarnya yang tebal dan lunak. Banyak orang yang suka dan sering mengkonsumsi jambu biji, namun tidak tahu kandungan dan vitamin yang ada di dalamnya. Untuk itu kita perlu tahu, dan berikut penulis jelaskan manfaat buah jambu biji , yaitu :
  • Menurunkan tekanan darah tinggi.
Manfaat buah jambu biji adalah mampu menurunkan tekanan darah tinggi, Potassium yang terdapat pada jambu biji bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah. Cocok bagi orang yang mempunyai tekanan darah tinggi agar mengkonsumsi buah ini. Dengan mengkonsumsi 2-3 buah atau mengkonsumsi buah yang berukuran sedang, bisa mencukupi 20% potassium yang dibutuhkan tubuh setiap harinya. Rasakan dan nikmatilah manfaat buah jambu biji, khususnya orang yang menderita tekanan darah tinggi. 
  • Mencegah kanker.
Zat pemicu kanker yang bernama nitrosamine, dapat dicegah oleh senyawa flavonoid dan kandungan vitamin C yang tinggi karena bersifat antioksidan. Vitamin C dalam darah akan mendorong kerja selenium dalam menghambat sel kanker, seperti kanker payudara, prostat, paru-paru dan usus besar. Likopen yang terdapat pada jambu merah mampu menghambat oksidasi lemak sehingga dapat mencegah kanker.
  • Mengatasi penyakit jantung koroner.
Jantung anda ingin sehat ? konsumsilah jambu biji, karena kalium (Baca juga Manfaat Kalium dalam Menutrisi Tubuh) yang terdapat di dalamnya mampu membantu jantung berdetak lebih teratur. Asam elagat, asam korbigen, asam linoleat dan serat mampu mengikat lemak sehingga menghindari terbentuknya plak yang menyebabkan jantung koroner.
  • Menyembuhkan infeksi.
Manfaat Buah Jambu Biji juga bisa menyembuhkan infeksi. Vitamin C yang tinggi dapat meningkatkan daya tahan tubuh, apalagi jika dikonsumsi saat menderita radang tenggorokan atau flu, maka akan mempercepat penyembuhan yang diakibatkan infeksi.
  • Mengatasi diabetes.
Cocok dikonsumsi untuk orang yang menderita diabetes, karena serat pektinnya mampu menurunkan kadar glukosa darah. Jadi bagi anda yang menderita diabetes bisa mengkonsumsi jambu biji secara rutin dan rasakan perubahannya pada tubuh karena manfaat buah jambu biji sangat hebat. 
  • Mampu merelaksasi tubuh.
Nah, untuk Manfaat Buah Jambu Biji yang terakhir ini cukup langka, karena tidak semua buah mempunyai manfaat seperti ini. Jambu biji yang kaya akan magnesium, berguna sebagai relaksan. Sehingga dapat membantu untu mengendurkan otot dan saraf tubuh. Bagi para pembaca yang telah bekerja seharian, dianjurkan untuk mengkonsumsi jambu biji agar dapat mengendurkan otot dan memberikan energy yang bagus untuk tubuh. (Baca juga Magnesium, Mineral yang penting bagi Tubuh)

Itulah Manfaat Buah Jambu Biji yang tidak banyak diketahui orang, mulailah untuk mengkonsumsi jambu biji secara rutin. Pembaca dapat memakannya langsung atau dengan cara dijus. Semoga Bermanfaat. Salam Pola Hidup Sehat.

Sekian artikel yang dapat penulis posting pada kesempatan ini, tunggu dan baca juga artikel lainnya mengenai Seputar Kesehatan. 

0 komentar:

Posting Komentar