Magnesium, Mineral yang Penting bagi Tubuh

Magnesium Mineral Penting - Tipraktis.blogspot.com Magnesium adalah salah satu mineral yang menduduki posisi keempat terbanyak dalam tubuh. Hampir 50% dari total keseluruhan magnesium yang ada pada tubuh, terdapat pada tulang. Sisanya terdapat dalam sel-sel jaringan dan organ, serta hanya sekitar 1% magnesium ada dalam darah. Magnesium sangat dibutuhkan dalam tubuh salah satunya untuk menjaga otot dan saraf agar berfungsi normal, bila seseorang kekurangan magnesium akan berdampak terhadap kesehatan tubuhnya. Dimana, orang yang mengalami kekurangan magnesium beresiko mengalami rasa sakit di leher dan punggung, kecemasan, kelelahan, migraine (sakit kepala sebelah), otot yang lemah, hingga detak jantung yang tidak normal.
Manfaat Magnesium bagi tubuh
Simbol Kimia Magnesium

Pernahkah anda mengalami stress atau anda melihat orang yang stress berat ? akibat putus cinta mungkin, hutang yang banyak, perusahaan yang bangkrut, atau mengalami kerugian. Ya, ternyata penelitian menunjukkan bahwa orang yang stress cenderung menghabiskan jumlah magnesium yang banyak dalam tubuh. Untuk mengatasi hal tersebut, anda disarankan untuk mengkonsumsi coklat, karena coklat kaya akan magnesium.

Selanjutnya, bahasan kita beranjak menuju makanan yang mengandung banyak magnesium, karena kita sudah tahu bahaya kekurangan magnesium dalam bahasan sebelumnya. Oleh karena itu, kita perlu mencukupi kebutuhan akan magnesium. Berikut makanan yang mengandung magnesium, Bijia-bijian, sayuran, kacang-kacangan, kerang, lemon, jeruk, apel, tempe, bayam, tauge, susu, keju, daging ayam dan daging sapi. Makanan tersebut sebaiknya anda konsumsi secara teratur dalam setiap menu makan harian anda agar kebutuhan magnesium dapat terpenuhi.
Manfaat Magnesium
Sumber Magnesium

Lalu, apakah anda tahu manfaat magnesium bagi tubuh ? di bawah ini akan dijelaskan mengenai manfaat magnesium.

Menjaga Kehatan Tulang. Anda tentu ingin memiliki tulang yang sehat dan kepadatan tulang yang baik, manfaat magnesium ini menjadi solusinya. Magnesium merupakan mineral utama yang mampu menyusun tulang, magnesium sangat berpengaruh terhadap kepadatan dan kesehatan tulang anda. Orang yang kekurangan magnesium akan mengalami osteoporosis.

Mengurangi Detak Jantung yang berdebar tidak normal. Ketika anda menglami gangguan dengan detak jantung yang tidak normal, jangan khawatir ! mungkin itu salah satu gejala kekurangan magnesium, anda dapat mengkonsumsi makanan yang mengandung magnesium. Sebab manfaat magnesium adalah sebagai mekanisme transportasi untuk kalsium dan kalium melewati jantung sehingga detak jantung teratur.
Manfaat Magnesium
Kram otot kaki

Mencegah Kram otot dan kaki. Manfaat magnesium memang untuk menjaga kekuatan otot, otot kaki biasanya yang sering mengalami kram. Itu dapat dipengaruhi oleh rendahnya kadar magnesium dalam tubuh. Kandungan magnesium dalam tubuh mengatur sintesis protein serta fungsi otot dan saraf.

Meringankan gejala migrain. Migrain (sakit kepala sebelah) yang menyakitkan bisa dipicu oleh alcohol, rook, kurang tidur, dan lain-lain. Manfaat magnesium ternyata bisa meringankan gejala migrain, karena magnesium mengatur aliran darah ke seluruh organ tubuh.

Itulah postingan kami yang berkaitan dengan magnesium, makanan yang mengandung magnesium dan manfaat magnesium. Nantikan bahasan-bahasan selanjutnya seputar kesehatan untuk tubuh kita. 

0 komentar:

Posting Komentar