Manfaat dan Kandungan Nutrisi Sawi Putih

Manfaat Sawi Putih - Tipraktis.blogspot.com Nama latin sawi putih adalah Brassica Chinensis L. Kalau pada kesempatan yang lalu kami membahas mengenai manfaat sawi hijau untuk kesehatan, maka pada kesempatan ini manfaat sawi putih untuk kesehatan. Sawi putih tergolong sayuran yang murah harganya, sayuran ini mudah kita temukan di Pasaran. Rasanya enak jika dijadikan teman makan, sawi putih mengandung berbagai jenis zat yang dibutuhkan tubuh. Ternyata vitamin C yang terkandung dalam sayuran sawi putih lebih besar daripada vitamin C yang terkandung dalam jeruk. Sawi putih tumbuh baik di daerah yang bersuhu dingin.
Manfaat Sayuran Sawi Putih
Manfaat Sayuran Sawi Putih

Kemudian timbul pertanyaan, apakah manfaat sawi putih sama dengan manfaat sawi hijau ? Mari kita bahas mengenai manfaat sawi putih.

  1. Mencegah Anemia. Sawi putih mengandung Asam folat, asam folat berfungsi dalam proses sintesis nukleoprotein merupakan kunci pembentukan dan produksi butir-butir sel darah merah normal dalam sumsum tulang. Jadi manfaat sawi putih sangat baik bagi anda yang tidak ingin terkena anemia, anda bisa mengkonsumsi sawi putih sebagai suplemen alami penambah darah.
  2. Mencegah Diabetes Melitus. Manfaat sawi putih juga bisa mencegah diabetes melitus karena mengandung kalsium yang merupakan salah satu mineral terpenting yang dibutuhkan tubuh dalam menurunkan kadar kolesterol dan gula darah. (Baca juga Manfaat Sayuran Pare untuk mencaegah diabetes)
  3. Manfaat Sawi Putih dalam Mencegah Osteoporosis. Sawi putih mengandung vitamin K yang dapat mengatur protein tulang dan kalsium dalam tulang. Dengan rajin mengkonsumsi sawi putih, maka tulang anda akan kuat terutama menginjak umur 50 tahun keatas, dimana massa tulang dan kekuatan tulang berangsur menurun.
  4. Menjaga Kornea Mata agar Tetap Sehat. Kandungan vitamin A berkaitan dengan kesehatan mata, vitamin A yang berfungsi membuat sel epitel akan mengeluarkan keratin yaitu protein yang tidak larut dalam ari dan bukan mucus, tentu saja membuat kornea mata anda semakin sehat.
  5. Menghaluskan Kulit. Manfaat Sawi Putih yang kelima ternyata bisa menghaluskan kulit, bagi anda yang menginginnkan kulit yang cantik, bisa memulai untuk rutin mengkonsumsi sawi putih. Vitain E dalam sawiputih berguna sebagai antioksidan penting dalam sel.
  6. Mencegah Penyakit Jantung dan Kanker. Vitamin E, Betakaroten, dan vitamin C dalam Sawi Putih berfungsi mencegah kolesterol dan penyakit jantung. Manfaat Sawi putih yang mengandung niasin berguna dalam memperkecil proses aterosklerosis (akumulasi kolesterol dalam dinding pembuluh darah arteri yang jika cukup parah dapat menghambat aliran darah ke berbagai organ), yang pada akhirnya menurunkan kemungkinan terkena serangan jantung. Kemudian, Manfaat sawi putih juga bisa mencegah kanker, kandungan indole dan isotiosinat berguna dalam mengendalikan enzim terhadap detoksifikasi hati. Manfaat swi putih mampu mencegah kanker payudara, prostat, kolon, ginjal, paru-paru dan kandung kemih.
  7. Mencegah penyakit gondok. Penyakit gondok akan dihambat oleh kandungan goitrogen melalui fungsi kelenjar tiroid.
Demikian ulasan mengenai manfaat sawi putih bagi kesehatan, ternyata sayuran yang satu ini memiliki kandungan nutrisi yang bermanfaat. Bagi anda yang jarang mengkonsumsinya termasuk orang yanng rugi, karena tidak akan merasakan manfaat yang begitu besar. Konsumsilah sawi putih dengan kreativitas dalam mengolahnya. Semoga Bermanfaat. Salam Pola Hidup Sehat. 

Baca juga mengenai Manfaat Sawi Hijau dalam Menutrisi Tubuh. 

0 komentar:

Posting Komentar