Manfaat Buah Tomat untuk Kesehatan dan Kecatikan

Manfaat Buah Tomat - Tipraktis.blogspot.com Pada kesempatan ini, kita akan membahas buah berwarna merah, kecil, sering dijadikan pelengkap masakan, dan mudah dicari. Apa buah yang dimaksud ? Ya, Tomat. Buah yang satu ini sudah dikenal banyak orang, tomat mempunyai rasa yang manis sedikit asam, rasanya cukup menyegarkan, tomat bisa dimakan langsung, dijus, ataupun ditambahkan ke dalam masakan. Sebelum kita membahas kandungan nutrisi dan manfaat buah tomat, anda wajib mengetahui nama latin buah tomat, yaitu Solanum lycopersicum.

Harga tomat di pasaran relatif murah meriah, sehingga hampir semua kalangan masyarakat bisa membeli tomat. Buah tomat mengandung berbagai nutrisi seperti vitamin C, kalium, folat, thiamin, niacin, vitamin B6, magnesium, rendah kalori dan kolesterol. Inilah alasan tomat perlu dikonsumsi secara rutin, meskipun harga nya murah, tetapi nutrisi dan manfaat buah tomat sangat penting bagi kesehatan tubuh. 
Manfaat Buah Tomat untuk Kesehatan dan Kecatikan

Berikut Manfaat Buah Tomat untuk 

Kesehatan dan Kecantikan


  • Sumber Vitamin Alami yang Baik bagi Tubuh.
Kita perlu mengetahui bahwa dalam 1 buah tomat saja mengandung vitamin C yang tinggi, mengkonsumsi 1 buah saja bisa mencukupi 40% kebutuhan vitamin C harian tubuh kita. Sehingga dianjurkan untuk mengkonsumsi tomat setiap hari secara rutin, agar manfaat buah tomat bisa kita rasakan. Selain itu, tomat juga mengandung vitamin K dan zat besi.
  • Menjaga Kesehatan Jnatung.
Manfaat buah tomat yang kedua mampu menjaga kesehatan jantung. Tekanan darah tinggi (hipertensi) dan kolesterol dapat dikurangi dengan kandungan kalium dan vitamin B yang terdapat pada tomat.
  • Sumber Antioksidan.
Kebanyakan buah dan sayuran mengandung antioksidan. Antioksidan inilah berfungsi sebagai pelindung tubuh dari radikal bebas yang menjadi penyebab timbulnya berbagai penyakit. Antioksidan yang terdapat pada tomat adalah senyawa lycopene. Radikal bebas itu tentunya tidak bisa dibiarkan, karena bisa merusak sel-sel jaringan secara perlahan-lahan. (Baca juga Buah Naga yang Kaya akan Kandungan Antioksidannya)
  • Melancarkan dan Menyehatkan Sistem Pencernaan.
Tomat menjadi sumber serat yang baik dan diperlukan oleh tubuh. Sehingga bagi anda yang menginginkan manfaat buah tomat untuk melanncarkan dan menyehatkan sistem pencernaan, konsumsilah buah tomat dan masukkan ke dalam menu buah harian anda.
  • Mencegah kanker.
Saat ini, kanker menjadi penyakit berbahaya yang mematikan, seperti kanker mulut, tenggorokan, lambung, usus besar, prostat, dan kanker ovarium. Nah, manfaat buah tomat mampu mencegah kanker secara efektif karena mengandung ssenyawa likopen.
  • Mencegah Diabetes.
Manfaat buah tomat yanng ketiga adalah mampu mencegah diabetes. Kandungan kromium pada buah tomat menjaga kadar gula dalam tubuh anda.  Kadar gula pun lebih stabil dan tidak membahayakan kesehatan setelah anda mengkonsumsi tomat secara rutin.
  • Menyehatkan Kulit.
Vitamin B3 pada buah tomat mampu menghaluskan kulit karena peredaran darah menjadi lancar dan kulit mendapatkan kecukupan suplai makanan. Ternyata Manfaat buah tomat juga sangat baik untuk mendukung kecantikan kulit anda.
  • Menghilangkan jerawat.
Bagi anda yang memiliki masalah dengan jerawat, manfaat buah tomat menawarkan solusinya. Zat tomatin yang bersifat antiradang dan antibakteri mampu mengusir jerawat. Caranya cukup mudah, belahlah tomat kemudian oleskan pada wajah, biarkan sapai mengering, setelah kering bilaslah dengan air.
  • Mampu menghilangkan komedo.
Lihatlah hidung anda ! apakah ada komedonya ? anda tidak perlu khawatir, karena manfaat buah tomat mampu menghilangkan komedo. Anda cukup gunakan masker tomat secara rutin, maka anda akan mendapatkan hidung mulus tanpa bekas komedo.

Itulah postingan kami pada kesempatan ini mengenai manfaat buah tomat untuk kesehatan dan kecantikan, konsumsilah buah tomat secara rutin agar kesehatan anda terjaga. Semoga bermanfaat. Salam pola hidup sehat. 

0 komentar:

Posting Komentar