Sawi Hijau, Sayuran Mie Ayam yang Kaya Manfaat

Manfaat Sayuran Sawi Hijau - Tipraktis.blogspot.com Sawi hijau mempunyai nama latin yaitu Brassica rapa var. parachinensis L. Siapa diantara pembaca yang tidak tahu sawi ?  Kita sering menemukan sawi itu pada mie ayam atau bakso sebagai pelengkap sayurannya. Ada yang menggunkan sawi hijau ada juga yang menggunakan sawi putih pada mie ayam atau bakso tersebut. Sawi sangat enak jika dimasak dengan mie ayam, bakso, capcay atau jenis masakan lainnya.
Manfaat Sayuran Sawi Hijau
Manfaat Sayuran Sawi Hijau
Sawi termasuk sayuran yang mudah ditemui di Pasar Tradisional hingga Pasar Modern, sama seperti halnya wortel yang mudah ditemui, sawi segar mempunyai banyak manfaat, untuk ibu hamil saja bisa menurunkan hipertensi, penyakit jantung, dan menghindarkan dari anemia. Bagi orang yang memiliki darah tinggi, sawi cocok untuk menurunkannya, anda bisa memasak sawi dengan berbagai macam varian sesuai selera dan kemampuan anda untuk memasaknya. 
Selain itu, masih banyak manfaat sayuran sawi hijau yang akan kami jelaskan berikut ini :
  •  Menjaga kesehatan kornea mata.
Dalam sawi mengandung vitamin A yang membuat sel epitel akan mengeluarkan keratin, yakni protein yang tidak larut dalam air. Manfaat Sayuran Sawi Hijau yang pertama ini baik untuk kesehatan indra penglihatan kita, mata. Peran dan fungsi mata sangatlah penting untuk kehidupan kita, dengan mata kita bisa melihat berbagai pemandangan indah di dunia. Oleh karena itu, anda bisa merawat mata dengan mengkonsumsi sayuran sawi hijau. (Baca juga artikel : Jangan Sepelekan Fungsi Mata)
  • Mencegah anemia.
Maukah Anda menderita penyakit anemia ? Tentunya Tidak, Nah untuk mencegah anemia, anda bisa mengkonsumsi sawi hijau secara rutin. Salah satu Manfaat Sayuran Sawi Hijau adalah mencegah anemia. Pembentukan dan produksi butir-butir darah merah terjadi karena adanya asam folat dalam proses sintesis nukleuprotein, sehingga dengan zat tersebut butir-butir darah merah melimpah dan anda pun tidak kekurangan darah. 
  • Mencegah diabetes melitus.
Salah satu mineral yang paling penting yang dibutuhkan tubuh untuk dapat menurunkan kadar kolesterol dan gula darah yaitu kalsium. Sawi yang memiliki kandungan kalsium, mampu mencegah diabetes melitus. Dimana penyakit ini cukup ditakuti oleh sebagian orang, karena gula kadar yang berlebih akan memicu penyakit komplikasi, luka yang tidak mengering dan tidak jarang menimbulkan kematian. Untuk itu anda bisa memasukkan sayuran sawi hijau ke dalam daftar menu makan anda. 
  • Mencegah penyakit gondok.
Anda mungkin tahu penyakit gondok itu seperti apa, gondok merupakan benjolan yang cukup besar pada leher. Bisa disebabkan oleh kekurangan garam Beryodium atau bahkan karena anda jarang mengkonsumsi sayuran sawi hijau. Kandungan yang dapat menghambat fungsi kelenjar tiroid yang menyebabkan terjadinya gondok yaitu goitrogen. Kandungan tersebut mampu mencegah gondok dengan baik, jadi Manfaat Sayuran Sawi Hijau yang keempat ini cukup langka dimiliki oleh sayuran lain.
  • Menghambat pertumbuhan sel kanker.
Manfaat sayuran sawi hijau yang satu ini juga jangan diabaikan ! mengapa ? karena saat ini kita lebih menyukai makanan instan yang dapat memicu kanker dan makanan instan itu jelek bagi kesehatan tubuh. Kandungan anti oksidan yang kaya dalam sayuran sawi hijau terutama indoles dan sulforaphane dapat menghambat pertumbuhan sel kanker. Komponen itu mengatur enzim yang berfungsi mendetoksifikasi hati.
  • Kolesterol terkendali, berat badan berkurang.
Sawi sangat rendah kalori dan lemak, namun kaya serat. Terbukti dalam 100 gram sawi hanya terdapat 26 kalori. Bagi anda yang takut kolesterolnya naik, anda bisa menyeimbangkannya dengan mengkonsumsi sayuran sawi hijau. Ternyata Manfaat sayuran sawi hijau juga baik untuk orang yang sedang melaksanakan program diet. Sayuran berserat ini meskipun dimakan dalam jumlah yang banyak, tidak akan menaikkan berat badan karena rendah kalori. 
  • Mencegah osteoporosis.
Vitamin dan mineral yang kaya pada sawi, seperti vitamin K, A, C, E dan folat tergolong dalam kategori excellent. Kategori excellent ini meliputi mangan dan kalsium. Dalam satu cangkir sawi terdapat vitamin K sekitar 419,3 mkg. Osteoporosis berkaitan dengan gejala pada tulang belakang, dimana tulang belakang kekurangan vitamin K, mangan dan kalsium. Nah, sayuran sawi hijau inilah yang menjadi solusi bagi anda untuk mencegah osteoporosis. Anda tentunya tidak ingin kan mengalami gangguan pada tulang belakang ?

Ada satu catatan penting, sawi tidak dianjurkan untuk dikonsumsi bagi penderita ginjal, kandungan oksalat yang tinggi dalam tubuh dapat menyebabkan kristalisasi yang pada akhirnya membentuk batu ginjal. 

Demikian berbagai Manfaat Sayuran Sawi Hijau yang penting bagi kesehatan tubuh, mari kita konsumsi sayuran agar tubuh sehat alami terhindar dari berbagai penyakit. Semoga postingan ini bermanfaat dan selamat merasakan manfaat sayuran sawi hijau.

0 komentar:

Posting Komentar