Jangan Sepelekan Fungsi Mata !!

Jangan Sepelekan Fungsi Mata - Tipraktis.blogspot.com Mata merupakan salah satu panca indera yang sangat penting pada bagian tubuh setiap orang, dengan mata kita mampu melihat keindahan yang ditawarkan oleh alam dan lingkungan sekitar. Betapa berharganyafungsi mata dalam kehidupan kita, banyak orang yang tidak peduli dengan kesehatan matanya, bisa dibayangkan betapa repotnya saat mata kita sakit atau bahkan mengalami kebutaan.
Jangan Sepelekan Fungsi Mata
Organ Mata

Saat mata kita terkena debu sedikit saja langsung terasa perih dan tidak nyaman, karena mata sangat sensitive menangkal setiap benda asing yang masuk dan fungsi mata untuk melihat pun sedikit terganggu. Semua bagian yang ada di mata sangat penting fungsinya, mulai dari alis, bulu mata sampai kornea mata.

Berikut penjelasan cara merawat mata agar tetap segar dan fungsi mata tetap terjaga, lets check and read this article !

Konsumsi banyak buah dan sayur.
Cara merawat fungsi mata yang pertama adalah dengan mengkonsumsi buah dan sayur. Buah dan sayur mempunyai kandungan vitamin yang tinggi yang mampu menjaga mata agar tetap berfungsi dengan baik, wortel merupakan sayuran yang memiliki kandungan betakaroten mampu menutrisi organ mata. (Baca juga Wortel, Sayuran yang Dikenal Menyehatkan Mata)

Menggunakan Mentimun.
Jangan Sepelekan Funngsi Mata
Perawatan Mata dengan Mentimun

Apa manfaat sayuran mentimun ? tentu bukan sekedar untuk dimakan pelengkap sambal, mentimun dapat digunakan untuk mengompres mata dengan cara diiris membulat, kemudian ditaruh pada kelopak mata sebelum tidur. Hal ini berfungsi untuk menghindari pembengkakan pada mata. Saat bangun tidur, mata anda akan terasa segar dan fungsi mata tetap terjaga.

Atur jarak dengan komputer atau televisi.
Ini yang sering dilupakan banyak orang, lupa mengatur jarak mata dengan komputer atau televisi. Bagi yang selalu bekerja di depan computer, sebaiknya anda mengatur posisi yang benar agar kesehatan mata tetap terjaga. Jarak mata dengan computer sebaiknya 30 cm, jangan terlalu dekat. Sinar atau cahaya dari computer cukup berbahaya apabila mata terus menerus menerima cahaya itu. Sinar dari televisi juga cukup berbahaya bagi mata apabila terlalu dekat, bahkan bisa menyebabkan mata menjadi minus. Yang pada akhirnya fungsi mata untuk melihat sedikit terganggu, dan perlu dibantu dengan kacamata.

Pencahayaan yang cukup
Cara merawat fungsi mata yang selanjutnya adalah memperhatikan pencahayaan yang cukup. Ketika beraktivitas dengan menitikberatkan pada kerja mata seperti membaca, menggunakan computer, dan lain sebagainya maka pencahayaannya harus cukup, tidak redup atau remang-remang. Ketika pencahayaannya tidak cukup, maka kerja mata akan semakin berat. 

Berhenti Merokok
Banyak yang melupakan akibat dari merokok, bukan hanya menimbulkan penyakit jantung dan organ dalam saja, tetapi asap yang ditimbulkan dari rokok dapat menyebabkan mata katarak dan kerusakan syaraf mata. Bagi anda yang sering merokok, kalau tidak bisa berhenti, anda sebaiknya bisa mengurangi jumlah rokok yang dihisap ! (Baca juga Manfaat Terong Ungu Membantu Berhenti Merokok)

Hindari debu dan polusi.
Aktifitas di luar Rumah banyak menimbulkan debu dan polusi kendaraan, seperti di jalan raya debu beterbangan dan seringkali mengenai mata, hal tersebut dapat membuat mata perih dan infeksi. Hendaknya menggunakan kacamata atau helm berkaca. Anda bisa menggunakan obat tetes mata yang aman untuk mengembalikan fungsi mata ke semula, perhatikanlah penggunaan obat tetes mata ! jangan sampai berlebihan !

Mulailah Pola Hidup Sehat.
Istirahat yang cukup, yakni tidak begadang adalah salah satu usaha merawat fungsi mata. Istirahat yang cukup membuat kerja mata tidak terlalu berat. Karena mata juga membutuhkan istirahat yang cukup, mata bukanlah mesin yang bisa digunakan terus menerus.

Selain itu, agar mata kita sehat, gunakanlah mata kita untuk hal yang semestinya kita lihat dan jangan kita gunakan untuk hal yang tidak semestinya kita lihat, karena pada dasarnya mata diciptakan Alloh untuk melihat yang baik-baik saja. Itulah postingan Kami mengenai Jangan Sepelekan Fungsi Mata. Semoga Bermanfaat. Salam Pola Hidup Sehat. 

Semoga bermanfaat, baca juga artikel kami mengenai Mengatasi Kulit Kering yang Mengganggu. 

0 komentar:

Posting Komentar