Si Buncis Menyehatkan Tubuh

Manfaat Sayuran Buncis - Tipraktis.blogspot.com Buncis mempunyai nama latin sebagai Phaseolus vulgaris. Tanaman buncis cocok ditanam di dataran medium himgga dataran tinggi. Buncis memiliki dua jenis, tipe tegak dan tipe merambat. Tahukah anda negara mana yang terbesar menghasilkan buncis ? ternyata Negara Indonesia tercintalah yang terbesar menghasilkan buncis bersama dengan Argentina, China, Spanyol, dan Amerika Serikat.
Penulis sendiri suka memakan buncis, varian masakannya dicampurkan dengan orak-arik telur, Nah anda sendiri bagaimana cara memasaknya ? setiap orang pasti punya selera sendiri untuk mengolah buncis menjadi masakan yang enak untuk dinikmati. 
Manfaat sayuran buncis
Manfaat Sayuran Buncis

Kandungannya meliputi berbagai nutrisi yang cocok untuk tubuh, seperti vitamin A, B1, B2, B3, B6,Vitamin C, lemak, protein, kadar abu, mangan, molybdenum, magnesium, dll. 

Berikut manfaat sayuran buncis :

  1. Manfaat sayuran buncis yang pertama adalah dapat mengontrol gula darah. Protein dalam buncis tidak jauh beda dengan protein yang ada pada telur. Masaklah dengan benar agar protein yang ada pada buncis dapat terserap sempurna oleh tubuh. Hal itu bermanfaat untuk mengontrol kadar gula dalam darah. Dengan mengkonsumsi buncis yang teratur, anda tidak perlu takut kadar gula dalam darah akan naik, sehingga anda dapat dengan tenang mengkonsumsinya. 
  2. Mengatasi batu ginjal. Serat yang tinggi dalam buncis bermanfaat untuk melarutkan batu ginjal dan mencegah terjadinya pembentukan batu ginjal. Bagi anda yang menderita batu ginjal, buncis menjadi sayuran yang disarankan untuk dikonsumsi agar anda mendapatkan manfaat sayuran buncis. 
  3. Meningkatkan metabolisme tubuh. Mangan, kalium, zat besi dan magnesium merupakan mineral yang penting untk metabolisme tubuh. Dengan metabolisme yang baik, maka fungsi dan peran seluruh organ tubuh akan kembali meningkat, terutama bagi orang yang sedang melakukakan program diet. (Baca juga Manfaat Kalium dalam Menutrisi Tubuh)
  4. Manfaat sayuran buncis juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Buncis mengandng vitamin B1, B6 dan vitamin C yang dapat membuat imun tubuh kita meningkat. Daya tahan tubuh yang kuat akan membuat badan kita terhindar dari berbagai penyakit. Apalagi jika kondisi cuaca tidak menentu, tubuh rentan terserang penyakit. Oleh karenanya, buncis bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun kita.
  5. Rendah kalori. Bila anda kesulitan mencari makanan yang rendah kalori, maka buncis bisa dikonsumsi. Makanan yang rendah kalori sangat baik dikonsumsi oleh orang yang sedang melaksanakan diet, karena meskipun dikonsumsi dalam jumlah yang banyak tidak akan mempengaruhi berat badan anda. 
  6. Manfaat sayuran buncis yang terakhir addalah melancarkan ASI. Bagi ibu hamil, mengkonsumsi buncis yang usianya di bawah satu tahun (baby bean) dapat melancarkan ASI. Anda baru tahu ya manfaat sayuran buncis dapat melancarkan ASI ? tidak apa-apa, dengan membaca tulisan atau postingan kami, anda menjadi tahu dan bisa merekomendasikan buncis untuk diolah kepada istri anda, saudara, teman atau siapapun itu. 
Itulah Manfaat Sayuran Buncis yang sangat baik untuk tubuh dan mampu mencegah berbagai penyakit. Semoga postingan kami ini dapat bermanfaat. Konsumsilah buncis secara rutin. Kemudian rasakan Manfaat Sayuran Buncis untuk kesehatan tubuh anda. Sehat itu keinginan kita semua bukan ? Semoga Bermanfaat. Salam Pola Hidup Sehat.

Baca juga artikel kami tentang 7manfaat buah alpukat untuk kesehatan.

0 komentar:

Posting Komentar