Manfaat Kalium dalam Menutrisi Tubuh

Peran Kalium - Tipraktis.blogspot.com Mungkin anda sudah tidak asing mendengar istilah Kalium, dalam pelajaran Kimia di tingkat SMP atau SMA sudah diperkenalkan secara garis besarnya. Dan disini mari kita kupas dan bahas bersama. Kalium (Potassium) memiliki simbol K, mineral ini dibutuhkan untuk menutrisi tubuh. Kalium sangat baik untuk membuat semua sel, jaringan dan seluruh organ tubuh berfungsi dengan semestinya. Sehingga kalium merupakan mineral ketiga yang paling banyak terdapat dalam tubuh. Penyakit yang mempengaruhi ginjal dan hati dapat menguras kadar kalium dalam tubuh melalui buang air kecil berlebihan maupun melalui keluarnya keringat yang begitu deras. Olahragawan atau atlet, banyak mengeluarkan keringat dan menguras tenaga, terutama atlet pesepeda atau atlet marathon. Oleh karena itu mereka harus memperhatikan asupan gizi terutama makanan yang mengandung kalium, agar tubuh kita tidak mengalami kelelahan dan mudah capek.
Manfaat Kalium
Makanan Penghasil Kalium

Kemudian, Apa saja makanan yang kaya akan kandungan kaliumnya ? berikut beberapa makanan yang mengandung kalium, yaitu :

Pisang, ternyata dalam satu buah pisang berukuran sedang memiliki kandungan 524 mg kalium. Cukup tinggi bukan ? jadi anda jangan menganggap remeh terhadap kandungan kalium dalam buah pisang dan konsumsilah pisang secara rutin, karena harga buah pisang juga terjangkau. (Baca juga mengenai Manfaat dan Kandungan Nutrisi Buah Pisang)

Kentang, kandungan kalium pada kentang juga cukup tinggi, yakni 442 mg kalium, itu terdapat pada kentang yang berukuran sedang.

Alpukat, subhanalloh…. Ternyata kandungan kalium pada alpukat lebih besar daripada pisang, kalium pada alpukat sebanyak 975 mg. (Baca juga mengenai 7 Manfaat Buah Alpukat untuk Kesehatan)

Setelah membahas makanan yang mengandung kalium, sekarang manfaat kalium untuk tubuh,
  1. Manfat Kalium ternyata bisa Menambah kecerdasan otak. Kalium sangat baik dalam menjaga kesehatan dan fungsi otak. Kalium juga membantu membawa oksigen ke otak, agar otak mendapat makanan yang cukup.
  2. Ginjal anda ingin sehat ? Konsumsilah makanan yang mengandung kalium, karena manfaat kalium bisa Menjaga ginjal agar tetap sehat. Ternyata fungsi kalium dalam menjaga kesehatan ginjal cukup penting, kalium berperan dalam mencegah pembentukan batu pada ginjal.
    Manfaat Kalium
    Rumus Kimia Kalium
  3. Manfaat Kalium juga bisa Mengurangi rasa cemas dan stress. Anda sering merasakan cemas dan stress ? mungkin anda kekurangan kalium dalam tubuh. Kalium diketahui sebagai mineral yang penting dalam mengatasi kondisi dan suasana jiwa yang tidak menentu seperti rasa cemas dan stress.
  4. Manfaat Kalium yang terakhir adalah Mengurangi tekanan darah tinggi. Memang, untuk manfaat atau peran kalium yang satu ini masih menjadi perdebatan di kalangan para ilmuwan. Sebagian ilmuwan menjelaskan bahwa suplemen kalium membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan mengurangi resiko kematian akibat penyakit kardiovaskular. Akan tetapi tidak semua studi setuju dengan pengaruh kalium terhadap tekanan darah, karena para peneliti tidak menemukan pengaruh suplemen kalium terhadap tekanan darah itu sendiri.
Itulah postingan kami mengenai Manfaat Kalium dalam Menutrisi Tubuh, karena begitu pentingnya kandungan kalium bagi tubuh kami menyarankan agar bisa mengkonsumsi makanan yang mengandung kalium. Semoga bermanfaat. Salam Pola Hidup Sehat.


0 komentar:

Posting Komentar