Manfaat dan Kandungan Nutrisi Buah Pisang

Manfaat Buah Pisang - Tipraktis.blogspot.com Nama latin pisang adalah  Musa paradisiaca. Pisang sangat mudah ditemukan di berbagai pulau di Indonesia. Harganya pun relatif murah dan terjangkau oleh semua kalangan. Pisang dijadikan buah pencuci mulut setelah makan. Ibu hamil dianjurkan untuk rutin makan pisang agar dapat membantu tumbuh kembang janinnya, karena pisang mengandung asam folat yang tinggi. Asam folat baik untuk menutrisi saraf otak pada bayi, sehingga bayi yang lahir selamat dan terhindar dari cacat saraf. (Baca juga Definisi dan Peran Asam Folat untuk Tubuh)

Banyak diantara masyarakat yang meremehkan manfaat buah pisang bagi kesehatan, mereka tidak tahu kandungan nutrisi yang dimiliki buah ini. Untuk menikmati buah ini, banyak sekali olahan dari pisang, seperti pisang goreng, pisang lumpia, pisang keju, dibuat kolak atau dicampurkan dengan terigu yang kemudian dibungkus oleh daunnya. 

Ada sebagian atlet sepakbola yang mempercayai manfaat buah pisang sebagai sumber energi. Mereka memakan buah pisang sebelum bermain, hal ini membuat tenaga mereka bertambah. Hal itu memang tidak salah, karena salah satu manfaat buah pisang yang akan kami bahas adalah pisang mampu menambah energi.

Manfaat Buah Pisang
Manfaat Buah Pisang

Berikut manfaat buah pisang selengkapnya yang baik untuk kesehatan tubuh, yaitu :

  • Mengatasi anemia.
Manfaat buah pisang yang pertama adalah bisa mengatasi anemia. Pisang mengandung zat besi yang cukup tinggi dan sangat baik untuk penderita anemia. Dengan mengkonsumsi pisang 2-3 buah setiap harinya, dapat mengatasi kekurangan sel darah merah. Tentu ini cara yang murah untuk mencegah atau bahkan mengatasi gejala anemia sebelum gejalanya semakin parah. 
  • Mengurangi rasa sakit ketika haid.
Apabila anda seorang perempuan lalu sering merasa nyeri ketika haid, konsumsilah pisang agar nyeri tersebut dapat berkurang. Daripada mengkonsumsi obat berbahan kimia untuk menghilangkan nyeri, sebaiknya anda mengkonsumsi pisang dengan jumlah yang cukup. Selain itu, pisang begitu alami dan baik untuk kesehatan. 
  • Mengalirkan oksigen ke otak.
Karena buah pisang mengandung kaya potassium atau kalium, maka kandungan tersebut bermanfaat mengalirkan oksigen ke otak. Pisang juga mencegah tekanan darah tinggi dan penyakit stroke. Apa yang akan terjadi seandainya oksigen tidak mengalir ke otak ? tentu akan terjadi kelainan atau gangguan, untuk menghindari hal tersebut kita harus memaksilkan manfaat buah pisang yang satu ini ! (Baca juga Manfaat Kalium dalam Menutrisi Tubuh)
  • Menurunkan berat badan.
Manfaat buah pisang juga ternyata bisa menurunkan berat badan. Pisang mengandung karbohidrat kompleks yang tidak menaikkan kadar glukosa secara drastis. Pisang juga rendah lemak, cocok bagi orang yang sedang menjalankan program diet. Dengan catatan, pisang tersebut tidak diolah kembali menjadi kolak pisang, banana milk shake, manisan, atau pisang goreng. Bagi anda yang sedang menjalankan program diet, patut dicoba untuk mengkonsumsi buah pisang.
  • Meningkatkan daya tahan tubuh.
Kandungan vitamin A, B6, dan C mampu meningkatkan daya tahan tubuh dalam melawan infeksi sehingga tubuh tetap segar dan tidak cepat lemas. Ini manfaat buah pisang yang cukup penting juga, melihat cuaca akhir-akhir ini sering berubah dan tidak menentu. Kalau daya tahan tubuh lemah, maka rawan untuk terserang penyakit dan infeksi.
  • Menambah sumber energi.
Dan untuk Manfaat Buah Pisang yang terakhir adalah Menambah sumber energi. Dengan mengkonsumsi pisang 2-3 buah dalam sehari, akan menambah energi yang dibutuhkan tubuh untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Seperti yang telah disebutkan diatas, buah pisang juga mampu menambah sumber energi dimana sebagian atlet sepakbola sering memakannya sesaat sebelum pertandingan dimulai. 

Demikian ulasan mengenai Manfaat Buah Pisang yang sangat baik dalam menunjang aktifitas sehari-hari terutama nutrisi yang dibutuhkan tubuh. 

Semoga bermanfaat ulasan yang telah kami posting, jangan lupa untuk selalu mengunjungi blog kami. Salam Pola Hidup Sehat.

0 komentar:

Posting Komentar