Inilah Manfaat Buah Belimbing yang Tersembunyi

Manfaat Buah Belimbing - Tipraktis.blogspot.com Belimbing mempunyai nama latin Averhoa Bililmbi L atau Averhoa Carambola LBelimbing merupakan buah yang sudah sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Bentuknya yang unik seperti bintang menjadikan buah ini mempunyai ciri khas tersendiri, oleh karenanya dalam istilah bahasa inggris disebut starfruit.Belimbing memang tidak setenar jeruk, mangga ataupun apel, tetapi banyak orang yang tidak tahu manfaat atau khasiat yang dikandung dari belimbing itu. Belimbing mengandung vitamin C dengan rasa manis bercampur asam saat dinikmati oleh lidah kita. Rasanya yang asam membuat sebagian orang menggunakan belimbing ini sebagai buah pelengkap untuk sajian rujak atau petis. Manfaat Buah Belimbing cukup beragam dan bisa kita nikmati mulai dari sebuah belimbing hingga olahan buah belimbing yang kita buat, 
Manfaat Belimbing
Manfaat Buah Belimbing

Berikut akan dijelaskan berbagai Manfaat Buah Belimbing bagi kesehatan dan kecantikan, yaitu :

  1. Kita mulai dari Manfaat Buah Belimbing yang pertama, menangkal radikal bebas yang akan menyebabkan kanker. Dalam belimbing, kandungan antioksidan yang tinggi membuat belimbing dijadikan buah yang mampu menangkal radikal bebas.
  2. Belimbing merupakan buah yang berserat sehingga mampu melancarkan organ pencernaan dan mencegah terjadinya sembelit, dengan mengkonsumsi belimbing maka akan melancarkan buang air besar.
  3. Manfaat yang Ketiga menurunkan kadar kolesterol. Kolesterol dan asam empedu akan diikat agar tidak masuk ke dalam pembuluh darah oleh serat kasar yang dinamakan dengan pectin. Dengan demikian kadar kolesterol dalam darah menurun. Nah, bagi anda yang memiliki kadar kolesterol yang berlebih bisa mengkonsumsinya kemudian rasakan manfaat buah belimbing bagi kesehatan tubuh anda.
  4. Mengatasi hipertensi. Banyak orang yang mempercayai belimbing sebagai obat hipertensi. Mungkin kandungan kalium yang membuat orang yang memakan belimbing sering buang air kecil (diuretik), sehingga tekanan darah terkendali. Pectin terutama dapat menyerap lemak, sehingga tekanan darah menurun. (Baca juga Manfaat Kalium dalam Menutrisi Tubuh)
  5. Ternyata Manfaat Buah Belimbing juga bisa mencegah stroke dan penyakit jantung. Belimbing yang mengandung banyak vitamin, mampu mencegah orang yang mengkonsumsinya dari bahaya stroke dan penyakit jantung, dimana kebanyakan dari kedua penyakit ini berujung kematian.
  6. Membantu menurunkan berat badan. Belimbing salah satu buah yang berserat, mengandung 30 kalori dalam satu buahnya, sangat cocok untuk orang yang sedang menjalankan program diet.
  7. Manfaat Buah Belimbing juga bisa untuk kecantikan diantaranya mencegah datangnya jerawat dan kulit berminyak. Kandungan zinc yang terdapat pada belimbing berperan dalam mencegah datangnya jerawat dan kulit berminyak. Bagi para ladies yang ingin terhindar dari jerawat bisa memasukkan belimbing sebagai salah satu buah yang akan dikonsumsi tiap hari.
  8. Dan Manfaat Buah Belimbing yang terakhir adalah mencegah rambut rontok. Kandungan antioksidan dan vitamin C yang tinggi dalam belimbing, mampu mencegah kerontokan pada rambut anda, Karena setiap helai rambut anda cukup ternutrisi oleh antioksidan dan vitamin C.
Namun, bagi penderita diabetes tidak dianjurkan mengkonsumsi buah belimbing karena kadar gula yang tinggi dalam belimbing. Selain penderita diabetes, belimbing juga tidak boleh dikonsumsi oleh penderita sakit ginjal. Mengapa demikian ? karena asam oxalate yang terkandung dalam belimbing akan memperparah ginjalnya, racun yang ada tidak dapat disaring dan dibuang oleh ginjal yang sakit.

Begitulah postingan mengenai Manfaat Buah Belimbing yang Tersembunyi, semoga bisa bermanfaat dan anda bisa memasukkan belimbing ke dalam daftar menu buah harian. Semoga Bermanfaat. Salam Pola Hidup Sehat. 

Baca juga artikel kami mengenai Si Buncis yang Menyehatkan

0 komentar:

Posting Komentar