Tips Memasak Mie Instan yang Sehat

Tips Memasak Mie Instan - Tipraktis.blogspot.com Apakah anda termasuk orang yang gemar mengkonsumsi mie instan ? bagi orang orang Indonsia, mie instan adalah makanan favorit yang banyak dikonsumsi. Harganya yang murah, rasanya yang beraneka macam dan penyajiannya yang cepat membuat mie instan menjadi makanan yang sudah tidak asing lagi di lidah masyarakat kita. Ada mie instan kuah, ada mie instan goreng, dengan berbagai kreasi unik yang dicampurkan bahan masakan lain seperti sayuran, telur atau daging menambah rasa lezat mie instan.
Tips Memasak Mie Instan yang Sehat
Memasak Mie Instan yang Sehat
Sampai disitu memang mie instan rasanya lezat, tapi timbul pertanyaan, apakah mie instan termasuk makanan yang memnuhi kebutuhan gizi tubuh ? atau malah membahayakan tubuh ? dari beberapa penelitian bahkan dari komposisi yang terdapat pada bungkus mie instan terdapat berbagai bahan pengawet, pewarna, penyedap rasa yang mengandung kimia. Hal itu akan mempengaruhi kesehatan tubuh kita terlebih jika mie instan dikonsumsi secara berlebihan. Pada kesempatan ini mari kita bahas Tips Memasak Mie Instan yang Sehat, Berikut bahasannya :

  1. Tips Memasak Mie Instan yang Sehat, yang pertama adalah panaskan air dalam 2 panci, tunggulah hingga mendidih. Masukkan mie instan ke dalam salah satu panci tersebut dan aduk terus selama 5 menit. Dengan diaduk terus akan membuat zat-zat kimia dalam mie instan seperti zat lilin, bahan pengawet dan zat pewarna terlepas dari mie instan.
  2. Tips Memasak Mie Instan yang Sehat selanjutnya adalah panaskan lagi air sampai mendidih dan masukkan kembali mie instan sebelumnya, aduk selama 2 menit agar zat kimia pada mie instan benar-benar hilang.
  3. Tips Memasak Mie Instan yang Sehat kemudian angkat kembali mie dan buang air rebusannya.
  4. Jika anda memasak mie instan goreng, anda dapat langsung mencampurkan bumbu-bumbunya kemudian disajikan.
  5. Sedangkan Tips Memasak Mie Instan yang Sehat untuk mie instan rebus, masukkan mie ke dalam mangkuk dan beri air panas dari termos atau memanaskan kembali air pada panci. Kemudian campurkan dengan bumbu-bumbu sebelum disajikan.
Sebagai catatan, anda jangan memasak mie instan bersama bumbunya. Bumbu mie instan biasanya mengandung MSG sehinggga berpotensi menjadi karsinogen (zat pembawa kanker) jika dimasak dalam suhu diatas 120 derajat Celcius.

Itulah Tips Memasak Mie Instan yangSehat, cara ini memang tidak menghilangkan bahaya dari zat kimia yang terkandung pada mie instan, tetapi setidaknya kita mampu meminimalisir bahaya dari zat kimia itu sendiri. Semoga Bermaanfaat. Salam Pola Hidup Sehat.

0 komentar:

Posting Komentar