Tips Tidur Siang yang Baik untuk Kesehatan

Tips Tidur Siang yang Baik - Tipraktis.blogspot.com Apakah anda termasuk orang yang mempunyai kebiasaan tidur siang ? Memang tidak ada salahnya kita meluangkan waktu untuk tidur siang. Bagi sebagian orang menganggap tidur siang dapat menyebabkan naiknya berat badan, terutama banyak wanita yang menghindari tidur siang. Namun beberapa orang peneliti tidak menemukan adanya hubungan sebab-akibat antara kebiasaan tidur siang dengan resiko meningkatnya berat badan. Ketika siang hari saat pekerjaan menumpuk, rasa kantuk pun terkadang datang tanpa diundang. Bagi anda yang yang berwiraswasta mungkin bisa langsung tidur, tapi bagi yang menjadi pegawai mungkin sulit.
Tips Tidur Siang yang Baik untuk Kesehatan
Tidur Siang yang Baik
Tidur siang harus dilakukan dengan pertimbangan kesehatan, karena jika tidak bukannya menyehatkan tetapi malah membuat penyakit semakin menumpuk. Anda perlu mengetahui beberapa tips agar manfaat yang diperoleh lebih maksimal, yaitu :

  1. Tidur siang yang disarankan adalah selama 20-30 menit, hal ini bertujuan untuk meingkatkan kewaspadaan dan kinerja sehingga tidak mengganggu jam tidur malam anda. Dengan tidur yang cukup, akan membuat tubuh anda terasa lebih fresh dan berenergi, sebaliknya jika anda tidur terlalu lama akan membuat anda malah sakit kepala.
  2. Usahakan tidak tidur siang sebelum jam 12 siang. Untuk orang Muslim mungkin waktu tersebut menjelang sholat dzuhur, sebaiknya sholat dzuhur terlebih dahulu.
  3. Pastikan terlebih dahulu suhu ruangan sesuai dengan kebutuhan anda, agar menunjang kenyamanan tidur siang.
  4. Jangan terlambat untuk tidur siang, seperti menjelang sore. Karena akan mengganggu waktu tidur anda di malam hari, kualitas tidur di malam hari pun sangat penting !
Ternyata Tidur Siang juga membawa manfaat yang cukup baik bagi kesehatan tubuh, dengan catatan tidur siang yang kita lakukan tidak melebihi waktu yang disarankan yakni selama 20-30 menit, 

Berikut beberapa manfaat tidur siang :


  1. Meningkatkan daya ingat otak. Manfaat tidur siang ternyata bisa meningkatkan daya ingat otak khususnya orang yang sudah berumur (lansia), semakin meningkatnya umur, memori otak dalam mengingat sesuatu pun semakin menurun. Manfaat tidur siang untuk anak-anak juga cukup baik, mereka belajar dan menghafal beberapa materi pelajaran di sekolahnya.
  2. Mengurangi resiko stress. Manfaat tidur siang yang kedua adalah mengurangi resiko stress. Aktivitas kerja dan tekanan kerja yang tinggi kadang membuat otak kita berpikir dua kali lipat, menjadikan beban pada otak semakin berat. Dengan tidur beberapa menit, seluruh organ tubuh kita akan kembali segar dan beraktivitas dengan lancar.
Itulah Tips Tidur Siang yang Baikuntuk Kesehatan dan beberapa manfaat dari tidur siang. Kebiasaan tidur siang akan bermanfaat jika kita bijak dan memperhatikan pertimbangan kesehatan juga tidak berlebihan durasi tidurnya. Semoga Bermanfaat. Salam Pola Hidup Sehat.

Baca juga Dahsyatnya Minum Air Putih Setelah Bangun Tidur.
thumbnail
Judul: Tips Tidur Siang yang Baik untuk Kesehatan
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh

Artikel Terkait Seputar Kesehatan :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2013. About - Sitemap - Contact - Privacy
Template Seo Elite oleh Bamz