Manfaat Kalsium untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Kalsium - Tipraktis.blogspot.com Jumlah kalsium dalam tubuh lebih banyak dibandingkan dengan jumlah mineral yang lainnya. Sebanyak 99% kalsium dalam tubuh terdapat pada tulang dan gigi, sisanya 1 % terdapat pada jaringan lunak dan pada darah. Kalsium dibutuhkan sejak dini, namun banyak orang tua yang tidak mengetahui hal ini, kalsium dibutuhkan oleh anak-anak dalam mendukung pertumbuhan gigi dan tulang. Ibu harus memenuhi asupan kalsium yang cukup selama menjalani masa kehamilannya, bahkan dokter telah menganjurkan untuk meminum susu kehamilan.
Manfaat Kalsium untuk Kesehatan Tubuh
Pentingnya Kalsium

Penurunan jumlah kalsium akan terjadi mulai dari umur 20 tahun, dalam satu tahun jumlah kalsium dalam tubuh berkurang 1 %. Setelah umur 50 tahun, kandungan kalsium akan menurun hingga 30 %. Dan puncaknya pada umur 70 tahun, penurunan jumlah kalsium mencapai angka 50 %.

Tubuh menyerap kalsium dari asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh, oleh karenanya kita harus mencukupi kebutuhan kalsium dalam tubuh dengan mengkonsumsi buah, sayuran dan susu. Jika makanan yang masuk ke dalam tubuh tidak mengandung kalsium, maka tubuh akan mengambil kalsium dalam tulang, bisa dikatakan bahwa kalsium dalam tulang sebagai cadangan.
Apa saja Sumber makanan yang mengandung kalsium itu ? berikut diantaranya :

  • Susu, keju dan olahan makanan yang berbahan dasar keju atau susu.
  • Sayuran berdaun hijau seperti sawi, kubis dan brokoli. (Baca juga Manfaat Brokoli dalam Menutrisi Tubuh)
  • Kacang-kacangan seperti kacang kedelai dan almond.
  • Ikan salmon, ikan sarden dan daging.

Berikut manfaat kalsium bagi kesehatan tubuh, yaitu :

1.      Membuat tulang dan gigi kuat.
Manfaat kalsium yang pertama sudah banyak diketahui orang banyak, yaitu membuat tulang dan gigi anda kuat. Asupan kalsium perlu diperhatikan dari sejak dini agar tulang dan gigi tumbuh dengan baik, selain itu gejala osteoporosis di masa tua juga dapat dihindari. Dengan asupan kalsium yang baik, dapat mengurangi sakit punggung, karena kalsium akan memperkuat tulang punggung anda. (Baca juga Selada yang Mampu Memperkuat Tulang)

2.      Membantu menjaga Tekanan Darah.
Kalsium juga mampu membantu mengontrol tekanan darah, sehingga memungkinkan jantung dan pembuluh darah berfungsi secara efektif. Manfaat yang kedua merupakan manfaat kalsium yang baik untuk penderita hipertensi, dengan asupan kalsium inilah tekanan darah berangsur menjadi normal.

3.      Kalsium sebagai pembakar lemak.
Manfaat kalsium berperan penting dalam mengatur berat badan dan memetabolisme lemak seperti oksidasi lemak dan menekan nafsu makan. Untuk itu anda bisa menggunakan suplemen kalsium dalam menjalankan program diet anda.

4.      Mencegah tulang Keropos.
Manfaat Kalsium yang terakhir ini hampir sama dengan yang pertama, yaitu mencegah tulang keropos. Pengeroposan massa tulang biasanya terjadi seiring dengan pertambahan usia. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bahwa mulai dari umur 20 – 70 tahun akan terjadi kekurangan kalsium per tahunnya. Oleh karena itu, pengeroposan tulang dapat dicegah dengan cukup mengkonsumsi makanan sumber kalsium setiap hari.

Itulah bahasan kita mengenai Manfaat Kalsium bagi Kesehatan Tubuh, mari kita mulai memenuhi kebutuhan kalsium harian agar tubuh bisa sehat dan tulang tetap kuat. Semoga bermanfaat. Salam Pola Hidup Sehat. 

Baca juga Dahsyatnya Kulit Manggis untuk Kesehatan.

0 komentar:

Posting Komentar