Selada, Sayuran Pelengkap Sambal yang Bermanfaat

Manfaat Sayuran Selada - Tipraktis.blogspot.com Daun Selada memiki nama latin sebagai Lactuca Sativa. Jenis sayuran ini cukup nikmat untuk dinikmati bersama dengan sambal sebagai lalapan. Memiliki warna yang hijau cerah menggugah selera makan, agar rasanya tambah nikmat, sebaiknya selada dihidangkan ketika masih segar. Anda bisa menikmati selada dengan puas bersamaan dengan ayam goreng, ikan goreng dan nasi yang masih hangat. Untuk lebih menjaga kealamian selada, pembaca dianjurkan untuk mencucinya dengan air yang mengalir agar residu pestisida yang menempel bisa hilang. Pestisida yang masih menempel pada daun selada cukup membahayakan bagi kesehatan tubuh, oleh karena itu cucilah dengan bersih.
Manfaat Sayuran Selada
Manfaat Sayuran Selada

Berikut manfaat sayuran selada yang baik untuk kesehatan tubuh dan mempunyai nutrisi yang cukup tinggi, yaitu :
  • Memperkuat tulang.
Manfaat Sayuran Selada yang pertama adalah memperkuat tulang. Selada mengandung vitamin K yang bermanfaat dalam membantu memperkuat tulang dengan meningkatkan aktivitas osteotrophic massal dan mencegah osteoporosis. Selain itu vitamin K mengurangi kerusakan saraf otak. Osteoporosis atau gangguan tulang belakang biasanya terjadi pada orang yang sudah lanjut usia, dimana asupan gizi ketika masih muda kurang diperhatikan terutama makanan yang mengandung vitamin K. 
  • Meningkatkan kesuburan pria dan wanita.
Dengan mengkonsumsi selada, dapat membantu dalam menjaga janin tetap sehat selama kehamilan dan membantu meningkatkan kesehatan reproduksi pria dan wanita. Hal ini dikarenakan selada mengandung folates. Sebelum anda menikah atau ketika menjalankan program untuk mendapatkan momongan, anda bisa mengkonsumsi sayuran selada dengan jumlah yang cukup untuk mendukung proses reproduksi anda. (Baca juga Manfaat Toge Bukan Hanya untuk Kesuburan Reproduksi)
  • Mengatasi insomnia.
Manfaat sayuran selada yang ketiga adalah dapat mengatasi insomnia. Selada bermanfaat bagi orang yang mempunyai kelainan susah tidur, dengan mengkonsumsi selada akan membantu mengatasi gejala insomnia karena kandungan lectucarium yang membuat pikiran menjadi jauh lebih rileks. Ini merupakan cara alami mengatasi insomnia, baik untuk kesehatan jika dibandingkan mengkonsumsi obat tidur. 
  • Membantu memelihara kulit.
Vitamin A yang terdapat pada selada mampu membantu dalam memelihara kulit yang sehat dengan meningkatkan selaput lendir kulit dan menyehatkan mata. Untuk mendapatkan kulit yang sehat, anda bisa mengonsumsi selada secara rutin sesuai varian lauk pauk yang anda makan. 
  • Menstabilkan berat badan.
Manfaat sayuran selada yang berikutnya merupakan kabar gembira bagi orang yang sedang melaksanakan program diet, yaitu menstabilkan berat badan. Selada baik untuk orang yang sedang melaksanakan program diet karena rendah kalori dengan rata-rata hanya 1-50 per porsi. Meskipun rendah kalori, namun selada mengandung serat yang membuat perut kenyang lebih lama. 
  • Membantu memulihkan jaringan.
Manfaat Sayuran Selada yang terakhir adalah membantu memulihkan jaringan. Kandungan magnesium (Baca juga Magnesium, Mineral yang Penting bagi Tubuhyang tinggi berperan penting memulihkan otot-otot, jaringan dan saraf yang mengalami kelelahan. Jika anda termasuk orang yang pekerja keras dengan rutinitas kerja yang berat, anda sebaiknya mengkonsumsi selada dengan jumlah yang cukup. Selada mampu menenangkan otot dan saraf yang telah mengalami ketegangan karena kegiatan kerja seharian. 

Itulah manfaat sayuran selada yang baik untuk kesehatan tubuh dalam menunjang kelancaran aktivitas kita sehari-hari. Semoga ulasan yang kami buat dapat bermanfaat. Salam Pola Hidup Sehat. 

Baca juga mengenai Cara Alami Menghilangkan Jerawat

0 komentar:

Posting Komentar