Kiwi, Buah Menyegarkan dan Bermanfaat untuk Kesehatan

Manfaat Buah Kiwi - Tipraktis.blogspot.com Kiwi mempunyai nama latin Actinidia deliciosa. Mungkin masih banyak diantara kita yang belum merasakan bagaimana rasanya kiwi itu ?? memang bisa dibilang wajar ketika banyak orang yang belum pernah mengkonsumsi kiwi, karena termasuk buah yang mahal dan mewah. Kiwi juga kurang popular di masyarakat Indonesia, padahal kiwi memiliki beberapa kandungan yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. 

Manfaat Buah Kiwi
Manfaat Buah Kiwi

Berikut manfaat buah kiwi yang sudah ditemukan oleh para peneliti, yaitu :

  1. Manfaat Buah Kiwi yang pertama adalah Mencegahpembekuan darahDengan mengkonsumsi kiwi 3-4 buah dalam sehari dapat membantu mengencerkan darah, menurunkan kadar lemak, sehingga pembekuan darah dapat dikurangi. Sehingga aliran darah dalam tubuh mengalir dengan dinamis, darah yang lancar mengalir dalam pembuluh arteri tandanya sangat baik. Sedangkan jika terjadi pembekuan darah dan menjadi gumpalan yang terbentuk pada pembuluh arteri akan menghambat aliran darah yang menuju otot jantung dan otak. Dan jika hal itu terjadi maka akan menyebabkan serangan jantung juga stroke.
  2. Manfaat buah kiwi juga bisa Mengandung asam folat yang tinggi. Ibu hamil cocok apabila mengkonsumsi kiwi, karena kiwi mengandung asam folat yang berguna untuk membantu perkembangan otak dan mencegah cacat saraf pada bayi. Ibu hamil membutuhkan 400-800 mikrogram asam folat, dengan asam folat yang tinggi pada kiwi, maka kebutuhan tersebut dapat terpenuhi. (Baca juga artikel : Definisi dan Peran Asam Folat untuk Tubuh)
  3. Mengatasi asma. Mengkonsumsi 4-7 buah kiwi selama 1 minggu mampu menurunkan gejala batuk, sesak nafas, dan mengi, karena kiwi mempunyai kandungan vitamin C, B6, dan E, Hal ini telah dibuktikan menurut penelitian di Italia.
  4. Ternyata manfaat buah kiwi bisa Melindungi kerusakan DNA. Menurut studi yang telah dilakukan oleh Collins, Horska, dan Hotten menunjukkan kombinasi yang unik dari antioksidan buah kiwi dapat membantu melindungi DNA sel dari kerusakan. Oleh karena itu anda dapat mengkonsumsi buah kiwi dan memasukkan kiwi sebagai menu buah harian anda.
  5. Aman bagi penderita diabetes. Indeks glikemiks kiwi tergolong rendah, yang berarti tidak meningkatkan kadar gula dalam darah dengan cepat. Jadi, bagi anda yang menderita penyakit diabetes tidak perlu khawatir untuk mengkonsumsi buah kiwi. 
  6. Manfaat buah kiwi yang terakhir adalah Cocok untuk penderita anemia. Kandungan zat besi pada kiwi cocok untuk mengatasi kekurangan sel darah merah. Penderita anemia dapat mengkonsumsi buah kiwi secara rutin dan segera rasakan manfaat buah kiwi yang baik untuk kesehatan tubuh. 
Itulah Manfaat Buah Kiwi yang tidak banyak diketahui oleh masyarakat, meskipun harganya cukup mahal, penulis menyarankan untuk mencobanya mengingat rasa dari kiwi itu begitu eksotis. Semoga postingan mengenai manfaat buah kiwi dapat bermanfaat. Salam Pola Hidup Sehat. 

Baca juga mengenai Wortel, Sayuran yang Dikenal Menyehatkan Mata.

0 komentar:

Posting Komentar