Manfaat Toge, Bukan Hanya untuk Kesuburan Reproduksi

Manfaat Sayuran Toge - Tipraktis.blogspot.com Nama latin toge yaitu Vigna radiata. Toge merupakan kecambah kacang hijau yang dianggap sayuran paling murah. Di balik harganya yang murah, Toge memiliki banyak manfaat yang jarang diketahui oleh masyarakat. Untuk orang Indonesia, toge banyak digunakan dalam menu makan harian seperti dalam rawon soto, gado-gado, dicampur dengan sayur tahu, atau digunakan untuk isi gorengan.
Manfaat Sayuran Toge
Manfaat sayuran Toge

Masyarakat meyakini manfaat sayuran toge sebatas untuk kesuburan seorang wanita, padahal bukan hanya itu manfaat sayuran toge yang kita ketahui selama ini. Masih banyak manfaat yang dapat kita peroleh dari toge yang baik untuk kesehatan tubuh, diantaranya :

  1. Manfaat sayuran toge yang pertama adalah mampu Meningkatkan kesuburan. Ini manfaat dari toge yang paling dikenal masyarakat. Vitamin E membantu mengurangi gangguan pramenstruasi, pramenopause dan gangguan akibat menopause. Bagi anda pasangan pengantin yang baru menikah, toge bisa menjadi makanan yang wajib dikonsumsi dalam membantu kesuburan reproduksi.
  2. Manfaat sayuran toge juga ternyata bisa Mengurangi kolesterol dalam darah. Penderita stroke dan serangan jantung disebabkan oleh lemak darah naik, maka dianjurkan untuk mengkonsumsi toge lebih banyak. Kandungan saponin dalam toge dapat menghancurkan kandungan lemak LDL tanpa mengganggu lemak HDL. Stroke dan serangan jantung masih menjadi penyakit mematikan, oleh karenanya kita harus selektif dalam memilih makanan, dan toge adalah sokusinya. 
  3. Mencegah osteoporosis Toge mengandung estrogen alami yang mampu meningkatkan kepadatan tulang, susunan tulang, dan dapat mencegah terjadinya pengeroposan tulang. Manfaat sayuran toge yang ketiga ini sangat bermanfaat dalam menjaga kesehatan tulang belakang, dengan mengkonsumsi toge kita akan terhindar dari gangguan tulang belakang. (Baca juga Sayuran Kubis yang mampu mencegah osteoporosis)
  4. Manfaat sayuran toge juga bisa Mencegah penuaan dini. Anda ingin awet muda ?? toge adalah salah satu makanan yang bisa memberikan efek memuaskan yakni sebagai obat awet muda, toge mengandung antioksidan yang kuat dan sangat padat sehingga melindungi tubuh dari radikal bebas. 
  5. Manfaat sayuran toge yang terakhir adalah baik untuk kecantikan. Toge dapat  menghilangkan noda hitam dan jerawat pada wajah, menyuburkan rambut, tubuh langsing, membantu meremajakan kulit dan membuat kulit lebih halus. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, konsumsilah toge dalam jumlah yang cukup, dimakan secara rutin dan untuk menghindari kebosanan anda bisa memasak toge dengan berbagai varian.
Bagaimana setelah membaca artikel ini ? Wawasan dan pengetahuan anda terbuka ? Ya ! Manfaat sayuran toge tidak terbatas hanya untuk meningkatkan kesuburan reproduksi, lebih dari itu sayuran toge sangat baik bagi kesehatan.

Itulah manfaat sayuran toge, si kecambah kecil yang bernutrisi. Jangan ragu untuk mengkonsumsi toge ! anda bisa memasukkan toge ke dalam menu makan harian anda. Semoga bermanfaat. 

0 komentar:

Posting Komentar