Mengkudu, Nutrisi dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Manfaat Buah Mengkudu - Tipraktis.blogspot.com Nama latin mengkudu adalah Morinda citrifolia. Mengkudu memang tidak langsung dikonsumsi seperti buah-buah yang lainnya. Baunya  sangat tidak sedap, namun mengkudu yang sudah masak memiliki manfaat untuk pengobatan berbagai penyakit. Mengkudu diolah kembali menjadi berbagai bentuk obat, seperti tablet, kapsul dan obat dalam bentuk cairan (jus).
Manfaat Buah Mengkudu
manfaat buah mengkudu
Mengkudu sangat baik dalam menyembuhkan berbagai penyakit. Hal ini disebabkan mengkudu memiliki kandungan seperti morinda diol, morindin, morindone, damnacanthal, metil asetil, sorandiyiol, dan asam kapril. Berikut beberapa manfaat buah mengkudu yang baik untuk kesehatan, yaitu :

  • Memperlancar peredaran darah.

Manfaat buah mengkudu ternyata bisa memperlancar peredaran darah. Zat scopoletin mampu memperlancar peredaran darah serta memperlebar saluran pembuluh darah yang mengalami penyempitan. Selain itu, zat ini juga dapat membunuh beberapa varian bakteri. Sehingga tubuh terhindar dari penyakit dan bakteri yang membahayakan. 
  • Mengatasi hipertensi.
Darah tinggi dapat diatasi dengan ramuan mengkudu. Untuk membuat ramuannya, anda sediakan 2 buah mengkudu yang telah masak di pohon. Kemudian peraslah mengkudu untuk diambil airnya dan dicampur dengan 1 sendok madu. Minumlah dua hari sekali. Dengan rutin mengkonsumsi ramuan ini, maka tekanan darah anda akan berangsur normal kembali. Bagi anda yang menderita tekanan darah tinggi, anda bisa membuktikan kemanjuran ramuan ini. 
  • Meningkatkan daya tahan tubuh.

Mengkudu mengandung zat antioksidan alami yang berperan penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Daya tahan tubuh yang kuat mampu mencegah serangan berbagai penyakit dalam segala kondisi cuaca.
  • Mencegah inflamasi.
Ternyata manfaat buah mengkudu juga bisa mencegah inflamasi (peradangan). Sari buah mengkudu mampu mencegah terjadinya peradangan. Karena sifatnya yang anti inflamasi, buah mengkudu mampu menurunkan resiko terkena serangan jantung.
  • Memulihkan sel-sel tubuh.
Kandungan Terpenoid yang terdapat dalam mengkudu mampu membantu proses sintesis organik dan memulihkan sel-sel tubuh. Dalam satu hari, sel-sel tubuh terus menerus melakukan aktivitas, terutama mereka yang bekerja dengan tingkat pekerjaan yang berat. Dengan mengkonsumsi mengkudu, maka manfaat buah mengkudu yang mampu memulihkan sel-sel dapat anda rasakan. 

  • Mengatasi masuk angin, demam, dan influenza.

Untuk mendapatkan manfaat buah mengkudu yang ketiga, anda juga harus membuat ramuannya. Siapkan 1 buah mengkudu dan 1 rimpang kencur. Rebuslah dua bahan tersebut dengan 2 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas. Setelah dingin, saringlah ramuan tersebut kemudian minum dua kali sehari hingga benar-benar sembuh. Sebagai obat herbal yang alami, tentu hal ini tidak membahayakan tubuh, bebas dari bahan kimia. (Baca juga Daun Katuk Bermanfaat untuk Mengatasi Flu).

Demikian manfaat buah mengkudu yang baik untuk mengobati beberapa penyakit, sehingga kita tidak harus ke dokter kalau tersedia mengkudu di sekitar lingkungan. Kita tinggal membuat ramuannya, obat herbal yang alami lebih bagus untuk kesehatan karena terhindardari bahan kimia berbahaya. 

0 komentar:

Posting Komentar