Daun Katuk, Meningkatkan Produktivitas ASI.

Manfaat Daun Katuk - Tipraktis.blogspot.com Katuk memiliki nama latin yaitu Sauropus androgynus (L) Merr, bagian tanaman yang bisa dikonsumsi adalah daunnya yang masih muda. Masyarakat biasa mengkonsumsi daun katuk ini dengan cara dibuat sayur bening. Selama ini daun katuk hanya diketahui sebagai daun yang berkhasiat untuk ibu hamil agar lancar menyusui dan meningkatkan produktivitas ASI.
Manfaat Daun Katuk
Manfaat Daun Katuk

Daun katuk mengandung kalori, protein dan karbohidrat, juga kaya akan zat besi, protein, vitamin A, B1 dan C. Saat ini orang sudah sangat jarang untuk menanam tanaman katuk di halaman Rumahnya, kalau zaman dahulu tanaman katuk dijadikan untuk pembatas halaman Rumah yang satu dengan yang lainnya. Berikut manfaat daun katuk untuk kesehatan manusia, yaitu :
  • Melancarkan ASI.
Di Indonesia, manfaat daun katuk lebih dikenal sebagai daun yang dapat melancarkan ASI, kandungan daun katuk meliputi protein, senyawa minyak esensial, asam amino, vitamin A, B, C serta mineral. Bahkan sekarang ini ada produksi tablet daun katuk. 
  • Meningkatkan Vitalitas Pria.
Manfaat Daun katuk yang kedua mampu membangkitkan vitalitas seksual, memacu kualitas, dan kuantitas sperma karena adanya zat aktif yang mampu merangsang sintesis hormone steroid, seperti progesterone dan testoteron.
  • Menyembuhkan bisul, borok, serta menyembuhkan demam dan influenza.
Kandungan Vitamin C yang tinggi pada daun katuk lebih tinggi daripada jeruk dan jambu biji, (Baca juga Jambu Biji yang Menggiurkan dan Bermanfaat) hal ini bermanfaat meningkatkan daya tahan tubuh, mengatur tingkat kolesterol, dan meningkatkan fungsi otak agar bekerja maksimal. Manfaat daun katuk memang luar biasa, namun hanya sedikit orang yang mengetahui manfaat daun katuk untuk kesehatan. 
  • Membersihkan jaringan tubuh.
Manfaat daun katuk juga ternyata mampu membersihkan jaringan tubuh. Daun katuk yang kaya akan klorofil dapat membersihkan jaringan tubuh dan membuang sisa limbah metabolisme, mengatasi parasit, bakteri, dan virus yang ada dalam tubuh manusia.
  • Mencegah Osteoporosis.
Kandungan kalsium pada daun katuk sangat baik, bagi para pembaca yang takut terkena osteoporosis dapat mengkonsumsi daun katuk secara rutin. Osteoporosis merupakan gangguan pada tulang belakang yang serius, jika seseorang terkena osteoporosis akan sulit berdiri secara tegak. 
  • Mengatasi flu.
Manfaat daun katuk yang terakhir ternyata membuat banyak orang terkejut, karena manfaat daun katuk yang terakhir mampu mengatasi flu. Efedrin yang terkandung dalam daun katuk sangat baik bagi penderita influenza.

Dibalik beragamnya manfaat daun katuk, ternyata ada beberapa efek samping yang perlu diperhatikan, yaitu dapat menyebabkan insomnia (susah tidur), tidak enak makan, dan sesak nafas. Selain itu, senyawaglukokortikoid dapat mengganggu penyerapan kalsium dan fosfor jika daun katuk itu sendiri dikonsumsi lebih dari 50 gram per hari secara terus menerus dalam waktu yang lama.

Demikian postingan mengenai manfaat daun katuk untuk kesehatan tubuh terutama untuk ibu hamil dan menyusui. 

Up date terus informasi mengenai kesehatan di blog kami, karena pola hidup sehat saat ini menentukan hidup anda di masa yang akan datang.

Semoga bermanfaat. Salam Pola Hidup Sehat. 

0 komentar:

Posting Komentar