Sayuran Kangkung Memang Enak dan Menyehatkan

Manfaat Sayuran Kangkung - Tipraktis.blogspot.com Nama latin dari sayuran kangkung adalah Ipomoea aquatica forsk. Mungkin untuk sebagian orang Sayuran kangkung bukanlah sayuran yang asing di lidah mereka, bisa jadi hampir setiap minggunya mereka memakan kangkung, bisa ditumis, disayur ataupun dijadikan lalapan. Kangkung dapat tumbuh di kolam, sawah atau di tempat yang terdapat air secukupnya.
Manfaat Sayuran Kangkung
Manfaat Sayuran Kangkung

Kalaupun anda tidak menanam sayuran kangkung, anda dapat membelinya di Pasar Tradisional, sayuran kangkung sangat cocok tumbuh di iklim tropis. Makanan yang paling cocok untuk menemani tumis sayuran kangkung adalah gorengan, seperti tempe, tahu atau olahan yang lainnya. Berikut manfaat sayuran kangkung yang cukup beragam dan baik untuk kesehatan manusia :
  • Menyehatkan tubuh.
Zat antioksidan yang bernama phyuto yang tinggi pada kangkung dapat menangkal radikal bebas didalam tubuh. Kangkung mengandung vitamin A, C, B kompleks, niasin, asam folat, riboflavin, piridoksin, yang menyehatkan tubuh. Jadi dengan mengkonsumsi sayuran kangkung, kebutuhan nutrisi tubuh anda akan terpenuhi, oleh karena itu anda janganlah ragu untuk mengkonsumsinya. (Baca juga Definisi dan Peran Asam Folat untuk Tubuh)
  • Menyingkirkan bau mulut.
Manfaat Sayuran Kangkung juga bisa menyingkirkan bau mulut yang mengganggu dan mengurangi rasa percaya diri anda. Bagi anda yang mempunyai gangguan mulut, maka Sayuran Kangkung adalah obatnya. Kangkung mengandung minyak essensial seperti estragole, icomene, dan phellandrene mampu membantu anda untuk mengurangi bau mulut yang sangat mengganggu.
  • Mengontrol jumlah trombosit.
Zat yang terdapat dalam kangkung menurut penelitian berfungsi mencegah pembekuan darah pada pembuluh darah otak dan jantung. Memang Pembekuan darah cukup berbahaya, mengingat akibat dari pembekuan darah yaitu bisa menyebabkan stroke dan serangan jantung. 
  • Mengurangi stress dan gula darah.
Manfaat Sayuran Kangkung yang selanjutnya adalah mampu mengurangi stress dan gula darah. Kangkung bermanfaat untuk meredakan stress dan menurunkan kadar glukosa di dalam darah. Dahsyat bukan manfaat sayuran kangkung itu ? 
  • Mengobati sakit gigi.
Ketika anda membaca artikel ini, mungkin anda sedikit mengerutkan kening anda karena antara percaya atau tidak ? anda bisa membuktikannya dengan mencoba mengunyah daun kangkung ketika sakit gigi. Minyak esensial yang ada didalamnya yaitu eugenol bermanfaat sebagai zat antiseptic dan anestesi gigi sehingga meredakan sakit gigi. 
  • Mencegah gejala anemia.
Dan untuk Manfaat Sayuran Kangkung yang terakhir adalah mampu mencegah gejala anemia. Tanda mengalami kekurangan darah yaitu badan terasa lesu, lemah dan disertai kepala yang terasa pusing. Zat besi pada kangkung dapat merangsang produksi sel darah merah.

Bagaimana persepsi anda mengenai manfaat sayuran kangkung ? tertarik untuk mengkonsumsinya ? Ya memang anda harus mengkonsumsi sayuran kangkung. 

Nah, demikianlah beberapa manfaat sayuran kangkung yang penting bagi kesehatan tubuh, Jadi jangan ragu untuk mengkonsumsi kangkung dan masukkan ke dalam menu makan harian anda. Namun perlu dicatat, bagi penderita asam urat, kangkung tidaklah direkomendasikan untuk dikonsumsi. Semoga Bemanfaat. Salam Pola Hidup Sehat.

Nantikan juga artikel kami mengenai Manfaat Sayuran Yang Lainnya.

0 komentar:

Posting Komentar