8 Manfaat Sayuran Kubis untuk Kesehatan

Manfaat Sayuran Kubis - Tipraktis.blogspot.com Kol (Kubis) mempunyai nama latinnya yaitu Brassica Oleracea, untuk menghasilkan kubis yang bagus dan banyak tergantung kepada kesuburan tanah. Sebagian orang menjadikan kubis untuk lalapan, atau bahan untuk membuat gorengan bakwan.

Manfaat Sayuran Kubis
Manfaat Sayuran Kubis
Warnanya hijau pucat, agak putih, berbentuk lonjong dan mudah ditemukan di Pasar Tradisional hingga Pasar Modern atauSupermarket. Untuk dijadikan lalapan, sebagian orang memakannya mentah-mentah dengan sambal, atau dikukus terlebih dahulu agar teksturnya menjadi lembek. Banyak olahan kubis yang bervariatif, sebagian orang mencampurnya dengan gado-gado, ada juga yang mencampurkannya dengan Pecel (makanan sunda), hingga olahan kol yang cukup keren yaitu salad kol saus yoghurt.

Tidak ada salahnya jika anda mulai mengkonsumsi kubis dan memasukkannya ke dalam menu makan harian anda, karena banyak manfaat yang terkandung didalamnya. Seperti yang akan penulis jelaskan pada alinea berikutnya mengenai manfaat sayuran kubis, yaitu :
  1. Manfaat sayuran kubis yang pertama adalah bisa Mencegah sel kanker. Senyawa sulforaphane dan indole-3-carbinol (I3C) mampu meningkatkan efek anti kanker. Hal ini terbukti pada peneltian terhadap wanita di Cina yang mengkonsumsi kubis mampu mengurangi resiko kanker payudara.
  2. Memelihara proses lambung. Kandungan glutamine yang tinggi didalamnya bersifat anti radang. Kubis dapat mengatasi radang perut (tukak lambung), Stanford University School of Medicine telah mengadakan penelitian dan menemukan bahwa jus kubis mampu mengobati tukak lambung. Ternyata, kubis juga bisa dijus dan manfaat sayuran kubis bisa anda rasakan sendiri. 
  3. Manfaat sayuran kubis yang ketiga juga bisa Meningkatkan daya tahan tubuh. Kubis mengandung vitamin C yang tinggi yang dapat membantu memperkuat daya tahan tubuh melawan radikal bebas. 
  4. Manfaat sayuran kubis juga bisa Mencegah resiko katarak. Kandungan beta-caroten yang tinggi mampu mencegah katarak. Kebanyakan orang yang menderita katarak itu yang sudah lanjut usia, namun anda yang masih muda juga beresiko terkena katarak. Untuk itu asupan beta-caroten haruslah terpenuhi dengan baik. (Baca juga Manfaat Luar Biasa Betakaroten untuk Tubuh)
  5. Membersihkan sistem pencernaan. Kubis mengandung sulfur dan mineral lain yang dapat membersihkan sistem pencernaan. Dengan mengkonsumsi kubis, maka gangguan sistem pencernaan dapat anda hindari. 
  6. Nah, Manfaat sayuran kubis yang ini merupakan kabar gembira bagi anda yang memiliki kelebihan berat badan, karena kubis bisa Menurunkan berat badan. Mengapa Kubis cocok bagi orang yang sedang menurunkan berat badan ? karena kubis rendah kalori namun tetap kaya akan kandungan berbagai vitamin, mineral dan berbagai nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.
  7. Baik untuk tulang. Osteoporosis atau pengeroposan tulang dapat dicegah dengan mengkonsumsi kubis, mengapa demikian ? jawabannya adalah karena kubis mengandung sumber mineral antara lain kalsium, magnesium, serta potassium. 
  8. Dan untuk manfaat sayuran kubis yang terakhir adalah Meningkatkan konsentrasi otak. Kubis mengandung vitamin K serta antisionin yang memberikan nutrisi terhadap otak, sehingga konsentrasi otak bisa lebih baik. Selain itu, vitamin K dapat menghindarkan seseorang dari penyakit Alzheimer dan demensia. 
Dahsyat bukan manfaat sayuran kubis itu ? Konsumsilah Buah dan Sayuran secara cukup dan teratur, kemudian rasakan manfaatnya. Untuk mengetahui manfaat aneka buah dan manfaat aneka sayuran yang lainnya, anda bisa mengunjungi blog kami yaitu tipraktis.blogspot.com

Itulah berbagai manfaat sayuran kubis yang sering dilupakan oleh banyak orang, padahal kubis ini dapat dijadikan pelengkap menu makan yang menggugah selera. Somga Bermanfaat. Salam Pola Hidup Sehat. 
                    

0 komentar:

Posting Komentar