Jeruk, Buah Populer dengan Vitamin C yang Tinggi

Manfaat Buah Jeruk - Tipraktis.blogspot.com Nama latin dari jeruk, yaitu citrus. Kemudian jeruk berkembang sesuai jenisnya, ada jeruk bali, jeruk keprok, jeruk kingkit, jeruk lemon, jeruk nipis dan jeruk mandarin. Mungkin masih banyak lagi jenis yang lain yang tidak diketahui oleh penulis atau pembaca sekalian. Jeruk terkadang rasanya manis dan asam, jeruk merupakan buah yang menyegarkan. Buah yang satu ini sangat popular dan sudah tidak asing lagi di telinga juga lidah kita. Siapa coba diantara pembaca yang belum pernah memakan jeruk ? penulis rasa, semua orang pernah makan jeruk. Manfaat buah jeruk yang diketahui oleh masyarakat banyak hanya sebatas untuk memenuhi kebutuhan akan vitamin C. 

Dibalik kepopulerannya, jeruk sangat kaya akan kandungan dan manfaatnya. Mari kita bedah beberapa manfaat buah jeruk, yaitu :
  • Memperkuat daya tahan tubuh.
Ini manfaat buah jeruk yang cukup besar, jeruk yang mengandung vitamin C mampu memperkuat daya tahan tubuh. Vitamin C merangsang produksi sel darah putih dalam tubuh. Selain itu bagi para pembaca yang mengalami sariawan atau panas dalam, bisa mengkonsumsi jeruk secara rutin.
  • Mencegah kanker.
Kanker kulit, payudara, paru-paru, dan usus besar dapat dicegah oleh jeruk. Kandungan yang mampu mencegah kanker adalah D-Limonene. Nah, untuk itu tidak ada salahnya kalau kita memasukkan jeruk dalam menu buah harian kita. Agar manfaat buah jeruk bisa kita rasakan secara optimal.
Manfaat Buah Jeruk
Manfaat Buah Jeruk

  • Menurunkan kadar kolesterol.
Manfaat buah jeruk yang ketiga adalah mampu menurunkan kadar kolesterol. Kolesterol yang tinggi dapat diatasi dengan mengkonsumsi jeruk. Hesperidin dan pectin berguna untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Kolesterol yang berlebih cukup ditakuti oleh sebagian orang, namun mereka tidak berusaha untuk menyeimbangkan makanan yang meningkatkan kadar kolesterol dengan makanan yang bisa menurunkan kadar kolesterol. Oleh karena itu, jeruk sangat baik bagi anda yang ingin mengatasi masalah kadar kolesterol.
  • Baik untuk perkembangan otak.
Manfaat buah jeruk yang ini jangan dilupakan, Asam folat (Baca juga mengenai Definisi dan Peran Asam Folat untuk Tubuh) yang terkandung pada jeruk sangat baik untuk perkembangan otak, bagi pembaca yang mempunyai anak kecil bisa membiasakan anaknya untuk mengkonsumsi jeruk setiap hari, agar perkembangan otaknya pesat.
  • Menurunkan tekanan darah tinggi dan mencegah diabetes.
Siapa diantara pembaca yang memiliki tekanan darah tinggi ? Buah ini memiliki manfaat atas penyakit yang anda derita. Kalium atau potassium dalam jeruk dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Selain itu dapat berperan untuk menghindari osteoporosis, dengan kalium yang dikandungnya dapat menutrisi tulang.
  • Menetralkan keasaman tubuh.
Manfaat buah Jeruk yang terakhir adalah mampu menetralkan keasaman tubuh. Jeruk yang bersifat asam sebelum dikonsumsi, berkhasiat untuk menyeimbangkan kadar keasaman tubuh.

Ternyata buah yang popular ini mempunyai manfaat sebanyak kepopulerannya, jeruk dapat dengan mudah kita cari mulai dari warung hingga supermarket. Jadi bagi pembaca yang tidak suka mengkonsumsi jeruk, harus mulai membiasakannya agar mendapat manfaat buah jeruk yang baik untuk kesehatan.

Itulah yang dapat penulis posting pada kesempatan ini mengenai Manfaat buah jeruk. Semoga 
bermanfaat. 

Baca juga mengenai Mentimun, Sayuran Murah Kaya Manfaat.

0 komentar:

Posting Komentar