Sirsak, Buah Belanda yang Menyehatkan

Manfaat Buah Sirsak - Tipraktis.blogspot.com Sirsak memiliki nama latin Anona muricata Linn. Nama Sirsak diambil dari bahasa Belanda yaitu ZuurZak yang mengandung arti kantong yang rasanya asam. Sirsak mempunyai daging yang berwarna putih, dan kulitnya hijau tipis. Ternyata kandungan yang terdapat pada sirsak adalah karbohidrat, salah satu jenisnya yaitu gula pereduksi (glukosa dan fruktosa) yang kadarnya mencapai 94 % dari total kandungan gula. Vitamin yang terdapat pada sirsak adalah vitamin C yaitu sekitar 20 mg per 100 gram daging sirsak.
Manfaat Buah Sirsak
Manfaat Buah Sirsak

Seperti di Sunda, Sirsak sering disebut dengan istilah nangka walanda, karena memang seperti yang sudah disebutkan diatas bahwa istilah sirsak ini diambil dari bahasa Belanda. Rasanya yang sedikit asam mampu menyegarkan orang yang mengkonsumsinya, dijus adalah salah satu cara menikmati sirsak yang paling enak. 

Berikut beberapa manfaat buah sirsak yang menyehatkan tubuh kita, yaitu :

  • Meredakan migrain.
Manfaat buah sirsak yang pertama adalah meredakan migrain. Riboflavin atau vitamin B2 pada sirsak yang dikenal efektif meredakan sakit kepala seperti migrain. Migrain secara sederhana diartikan sebagai sakit kepala sebelah. Dengan mengkonsumsi sirsak saat sakit kepala sebelah, maka akan menghilangkan rasa sakitnya. Selamat Mencoba. 
  • Meredakan kanker.
Manfaat buah sirsak juga ternyata bisa meredakan kanker. Sel-sel ganas pada 12 jenis kanker seperti kanker payudara, usus besar, prostat, paru-paru dan yang lainnya dapat dibunuh dengan kandungan yang bernama Annonaceous Acetogenins. Bagi anda yang tidak ingin terkena kanker, anda bisa mulai mengkonsumsi sirsak secara rutin. Jus sirsak paling enak dinikmati saat cuaca panas, karena mampu menyegarkan tubuh. 
  • Menyembuhkan bisul.
Manfaat buah sirsak yang satu ini cukup mengejutkan, karena sirsak mampu menyembuhkan bisul. bagaimana caranya ? Sekilas memang seperti bercanda, akan tetapi ini bisa dibuktikan. Bagi para pembaca yang mengalami bisul, dapat disembuhkan dengan menggunakan sirsak. Ambillah sirsak yang masih muda, remas-remas kemudian tempelkan pada bagian tubuh yang terkena bisul selama 20 menit. Lakukan dengan teratur agar proses penyembuhan berjalan cepat.
  • Mengatasi ambeien atau wasir.
Anda memiliki masalah dengan kesehatan anus ? Ternyata manfaat buah sirsak juga bisa mengatasi ambeien atau wasir. Konsumsilah air sari sirsak yang sudah matang sebanyak 1 gelas, minumlah secara teratur dua kali sehari untuk mempercepat proses penyembuhan. (Baca juga Wasir, Kenali dan Cari Tahu Cara Mengatasinya).
  • Menjaga kesehatan tulang.
Manfaat buah sirsak juga bisa menjaga kesehatan tulang. Sirsak mengandung mineral yang kaya selain fosfor dan kalsium, yakni tembaga yang membantu penyerapan kalsium ke dalam tulang sehingga tercukupi kebutuhan nutrisinya.
  • Mengobati eksim dan rematik.
Dan untuk manfaat buah sirsak yang terakhir adalah mampu mengobati eksim dan rematik. Untuk manfaat yang satu ini tidak terdapat pada buahnya, melainkan pada daun sirsak. Anda bisa menumbuk daun sirsak sampai halus, kemudian tumbukan tersebut ditempelkan pada bagian tubuh yang terkena eksim atau rematik. Lakukan secara teratur 2 kali sehari.

Itulah postingan kami mengenai Manfaat Buah Sirsak atau nangka walanda (istilah sunda), jadi para pembaca dapat mengkonsumsinya dengan berbagai varian sesuai selera kemudian rasakan bagaimana manfaatnya untuk kesehatan. Semoga Bermanfaat. 

Jangan Lupa Kunjungi dan baca juga mengenai Definisi dan Peran Asam Folat untuk Tubuh.

0 komentar:

Posting Komentar