Mentimun, Sayuran Murah Kaya Manfaat

Manfaat Sayuran Mentimun - Tipraktis.blogspot.com Mentimun mempunyai nama latin yaitu Cucumis Sativus dan termasuk ke dalam kelompok melon dan semangka. Masyarakat Indonesia sudah tidak asing lagi dengan mentimun, karena sering menjadi pelengkap masakan hingga dijadikan lalapan. Bentuknya bulat memanjang dan berwarna kehijauan. 
Manfaat sayuran mentimun
Manfaat Sayuran Mentimun 
Sebenarnya mentimun jarang dijadikan masakan utama, namun mentimun sendiri bisa menggugah selera makan apalagi jika disatukan dengan sambal.
Banyak olahan mentimun yang rasanya tidak kalah enak, mentimun juga sering dijadikan sambal cobek ikan bakar, dicampur gado-gado sampai pelengkap nasi goreng. Tentunya mengkonsumsi mentimun tidaklah sia-sia, mentimun banyak mengandung nutrisi yang baik bagi tubuh dan menyehatkan. Berikut manfaat sayuran mentimun :
  • Menghindarkan tubuh dari dehidrasi.
Manfaat sayuran mentimun yang pertama adalah menghindarkan tubuh dari dehidrasi. 95%  air terdapat pada mentimun, sehingga hal ini dapat menjaga tubuh para pembaca dari kekurangan air (dehidrasi) dan membantu tubuh menghilangkan racun. (Baca juga Air Putih mampu Menghilangkan Racun dalam Tubuh)
  • Menangkal kanker.
Manfaat sayuran mentimun juga ternyata mampu menangkal kanker. Kanker payudara, ovarium, rahim dan prostat dapat dilawan dengan kandungan lariciresinol, pinoresinol dan secoisolariciresinol yang terdapat pada mentimun.
  • Menghindari morning sickness.
Pernahkah anda menderita morning sickness ? Apa itu morning sickness ? yaitu sakit kepala di pagi hari. Untuk menghindari morning sickness bisa dilakukan dengan cara memakan beberapa iris mentimun sebelum tidur. Karena kandungan gula, vitamin B dan elektrolit inilah mabuk atau sakit kepala dapat diatasi.
  • Mengobati diabetes dan mengontrol tekanan darah.
Manfaat sayuran mentimun yang selanjutnya adalah bisa mengobati diabetes dan mengontrol tekanan darah. Bagi pasien diabetes, mentimun bisa dijus kemudian diminum, karena mentimun mengandung hormone yang dibutuhkan sel-sel pancreas untuk memproduksi insulin yang telah diketahui sangat bermanfaat mengurangi resiko diabetes. Kalium, magnesium dan serat mampu mengatur tekanan darah baik tekanan darah rendah atau tekanan darah tinggi. (Baca juga Magnesium Mineral yang Penting bagi Tubuh)
  • Meningkatkan kesehatan tulang sendi.
Manfaat Sayuran Mentimun
Jus Mentimun

Untuk merasakan manfaat sayuran mentimun yang satu ini anda perlu mencampurkan jus timun dengan jus wortel secara merata kemudian minum, hal ini bisa meredakan encok dan nyeri arthritis dengan cara menurunkan kadar asam urat.
  • Menyegarkan mata.
Caranya. . . . para pembaca dapat mengiris mentimun dan irisannya diletakkan di atas mata. Efeknya mata menjadi segar, cantik, lingkaran hitam di mata menjadi hilang. (Baca juga Jangan Sepelekan Fungsi Mata)
  • Perawatan beberapa bagian Rumah.
Dan Manfaat sayuran mentimun yang terakhir bisa digunakan untuk merawat beberapa bagian Rumah. Percaya atau tidak ? embun atau kabut yang menempel pada kaca dapat dihilangkan dengan cara irisan tersebut digosokkan pada are kaca. Kemudian, jika pintu rumah anda berderit. Maka gosokkan irisan mentimun tersebut dan pintu akan berhenti berderit.

Ada beberapa orang yang mengalami alergi terutama di rongga mulut, gatal dan pembengkakan. Begitu hebatnya mentimun ini mampu memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh kita, jadi jangan ragu untuk mengkonsumsi mentimun dan anda dapat memasukkan ke dalam list daftar belanja, terutama buat para ibu yang gemar memasak.

Itulah postingan kami mengenai manfaat sayuran mentimun, semoga bermanfaat. Salam Pola Hidup Sehat. 

0 komentar:

Posting Komentar