Manfaat Luar Biasa Betakaroten bagi Tubuh

Manfaat Luar Biasa Betakaroten - Tipraktis.blogspot.com Betakaroten merupakan senyawa karotenoid, pigmen yang memberikan warna alami pada tumbuhan dan buah-buahan yang mengandung antioksidan. Betakaroten diserap tubuh secara meningkat seiring meningkatnya asupan lemak, betakaroten larut oleh lemak. Warna jingga yang terdapat pada wortel, labu dan ubi-ubian, dipengaruhi oleh adanya senyawa betakaroten. Betakaroten diolah oleh tubuh menjadi vitamin A yang baik untuk kesehatan mata.
Manfaat Betakaroten

Mengkonsumsi buah atau sayuran yang memiliki kandungan betakaroten tinggi dapat mengurangi dan menurunkan resiko terkena penyakit jantung dan kanker tertentu. Untuk memaksimalkan manfaat betakaroten, anda sebaiknya mengkonsumsi secara alami dari buah dan sayuran, bukan berbentuk suplemen atau obat.

Lalu, apa saja buah dan sayuran yang memiliki kandungan betakaroten tinggi ? Berikut buah dan sayuran yang mengandung betakaroten dengan satuan mcg (mikogram).

Blewah – 2020 mcg, Ceri – 770 mcg, Markisa – 743 mcg, Pisang – 457 mcg, Mangga 445 mcg, Jambu Biji – 374 mcg. (Baca juga Manfaat Buah Pisang Sebagai Sumber Energi)

Lobak – 6952 mcg, Wortel – 6391 mcg, Sayur Sawi – 6299 mcg, Bayam – 5626 mcg, Selada – 5225 mcg. (Baca juga Manfaat Wortel sebagai sumber betakaroten)

Betakaroten juga memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh, diantaranya :
  1. Manfaat Betakaroten yang pertama ternyata bisa Mencegah Penyakit JantungOrang yang mengkonsumsi makanan yang kaya akan kandungan betakaroten, akan terhindar dari resiko terkena penyakit jantung. Oksidasi kolesterol jahat (LDL) dapat diatasi karena adanya kerjasama antara betakaroten dan vitamin E sehingga menurunkan resiko aterosklerosis dan penyakit jantung koroneer.
  2. Mencegah Kanker. Dengan mengkonsumsi makanan yang kaya betakaroten jauh lebih rendah resikonya untuk terkena kanker, payudara, paru-paru dan usus besar. Sifat dari betakaroten ini sebagai antioksidan.
  3. Menjaga Daya Tahan TubuhManfaat betakaroten yang selanjutnya adalah menjaga sistem daya tahan tubuh. Kelenjar timus yang berperan penting sebagai faktor daya tahan tubuh, akan diaktifkan oleh kandungan betakaroten. Kelenjar timus akana merangsang sistem daya tahan tubuh untuk melawan infeksi dan virus penyebab penyakit dan menghancurkan sel-sel kanker sebelum menyebar.
  4. Menjaga Kesehatan MataTentunya betakaroten sebagai cikal bakal vitamin A sangat bagus untuk menjaga kesehatan mata, terutama peran betakaroten untuk mata adalah dapat mencegah kerusakan pada retina mata yang menyebabkan mata tidak focus ketika melihat objek suatu benda atau yang lainnya, sehingga individu yang mengalami gangguan retina tidak bisa melihat secara jelas.
Itulah postingan kami mengenai istilah betakaroten, makanan yang mengandung betakaroten, dan manfaat betakaroten sebagai nutrisi tubuh yang cukup penting. Jangan lupa untuk selalu membaca blog kami, kesehatan itu penting ! 

Untuk Sumber betakaroten yang lainnya anda bisa klik disini

0 komentar:

Posting Komentar