Terong, Si Ungu yang Kaya Manfaat

Manfaat Sayuran Terong - Tipraktis.blogspot.com Terong memiliki nama latin yaitu Solanum melongena. Buah ini memiliki warna ungu dan berbentuk bulat memanjang, sehingga mudah dikenali. Terong memiliki kandungan nutrisi yang tinggi, terdiri dari kalsium, serat, mineral, bioflavonoid, dan vitamin K. Terong cukup mudah ditemui dan harganya murah sehingga bisa dikatakan makanan yang merakyat. Untuk mengkonsumsi terong, anda bisa memasaknya sesuai dengan keinginan. Banyak varian dan kreasi dalam mengolah terong menjadi masakan yang lezat, mulai dari semur terong, tumis terong kecap manis, tumis terong kecap pedas, hingga Tumis Terong Cabe Ijo ala Korea. 
Manfaat Sayuran Terong
Manfaat Sayuran Terong
Lalu, apa manfaat sayuran terong untuk kesehatan tubuh ? berikut penjelasannya, yaitu :
  • Menutrisi otak.
Terong dapat menutrisi otak karena kandungan nutrisi phyto yang sangat dibutuhkan oleh organ otak. Jadi anda dapat mengkonsumsi terong secara rutin agar otak kita ternutrisi dengan baik. Untuk itu, bagi para orangtua harus pandai-pandai membujuk dan membuat olahan terong sedemikian rupa agar anak kita menyukai terong. Sebab kandungan nutrisi yang dimilikinya sangat baik untuk tumbuh kembang otak kita.  
  • Mencegah diabetes.
Manfaat Sayuran Terong juga bisa mencegah diabetes. Serat yang tinggi dan rendah karbohidrat yang larut, sangat baik untuk mencegah penyakit diabetes. Bagi anda yang takut terkena diabetes, anda bisa memasukkan terong dalam menu makan harian anda. (Baca juga Manfaat Pare dalam mencegah diabetes).
  • Mencegah anemia.
Terong membantu mencegah anemia atau kurang darah, dengan zat besi yang terdapat pada terong, maka sangat baik untuk dikonsumsi oleh orang yang menderita anemia. Manfaat sayuran terong yang satu ini penting untuk diperhatikan, kurang darah dapat menyebabkan kepala kita pusing dan mengalami kelelahan tanpa sebab. Oleh karena itu, mengkonsumsi terong dapat mencegah anemia dan mencegah gejala yang diakibatkan oleh anemia. 
  • Menurunkan syaraf yang tegang.
Manfaat sayuran terong yang keempat ini jarang dimiliki oleh sayuran yang lainnya, yakni mampu menurunkan syaraf yang tegang. Terong mengandung skopoletin dan scoparone yang dipercaya dapat menurunkan guncangan psikologi, mengurangi stress, serta mencegah epilepsi dan faktor penyebab stress lainnya. Dahsyat bukan manfaat sayuran terong bagi kesehatan ?
  • Membantu berhenti merokok.
Penemuan yang mengejutkan !! Penemuan telah menunjukkan bahwa terong memiliki sejumlah nikotin, anda bisa menambahkan terong pada menu makan harian agar hasrat untuk merokok bisa berhenti. Ini tentunya cara alami yang mampu membantu anda untuk lepas dari ketergantungan rokok. Dengan mengkonsumsi terong, anda dapat berhenti merokok secara perlahan dan tanpa disengaja. 
  • Mencegah aterosklerosis.
Apa itu aterosklerosis ?? yaitu penyempitan dan pengerasan pembuluh darah. Dengan mengkonsumsi terong, maka akan menurunkan lemak dalam pembuluh arteri dan terhindar dari resiko aterosklerosis. Manfaat sayuran terong yang terakhir mampu melancarkan aliran darah dalam pembuluh darah.  

Demikian tulisan kami mengenai manfaat sayuran terong yang tidak banyak diketahui oleh masyarakat, ternyata sayuran berwarna ungu ini sangat baik untuk kesehatan tubuh kita. Jadi anda tidak perlu ragu lagi untuk menikmati sensasi rasa terong yang menyehatkan. 

0 komentar:

Posting Komentar