Pare, Si Pahit yang Menyehatkan

Manfaat Sayuran Pare - Tipraktis.blogspot.com Pare mempunyai nama latin sebagai Momordica charantia L. Rasanya memang pahit, tapi jika dimasak dengan benar dan bumbunya tepat, pare akan terasa enak untuk dinikmati sehingga menggugah selera makan kita. Di Indonesia, pare cukup mudah kita temui, mulai dari Warung Sayuran sampai kePasar Modern. Bentuknya memanjang seperti mentimun, hanya saja permukaannya tidak rata, yakni keriput ciri khas pare. Banyak diantara masyarakat kita yang tidak menyukai pare karena rasanya yang pahit. Padahal kandungan nutrisi pare begitu baik untuk kesehatan, pahitnya itu akan tertutupi jika mengingat nutrisinya yang tinggi.

Di balik rasanya yang pahit, pare mempunyai berbagai macam manfaat yang tidak banyak diketahui oleh orang banyak. Berikut akan penulis jelaskan mengenai manfaat sayuran pare :
Manfaat sayuran pare
Manfaat Sayuran Pare
  • Mencegah diabetes
Manfaat sayuran pare yang pertama adalah mampu mengobati diabetes.  Penyakit diabetes menjadi penyakit yang banyak menelan korban kematian, kadar gula dalam darah yang tinggi menyebabkan diabetes itu terjadi. Namun pembaca tidak perlu khawatir karena pare dapat menurunkan gula darah, dengan mengkonsumsi pare secara teratur. Kandungan polipeptida akan bekerja menrunkan kadar gula darah saat mengalami kenaikan.
  • Menurunkan berat badan.
Antioksidan dalam pare dapat mempercepat tingkat metabolisme tubuh. Pare memiliki kandungan jumlah kalori yang sedikit, sehingga baik untuk menstabilkan berat badan. Bagi anda yang memiliki berat badan berlebih, anda bisa mengkonsumsi pare dalam menu makan harian anda. 
  • Mengurangi resiko terserang batu ginjal.
Pare dapat membersihkan ginjal dan mengurangi resiko terserang batu ginjal. Ginjal dalam tubuh manusia mempunyai peran yang cukup penting seperti mengontrol keseimbangan kadar asam dan basa pada cairan tubuh, mengendalikan kadar gula darah, dan mengontrol volume cairan dalam darah. Dengan mengkonsumsi pare secara cukup dan rutin, akan menyehatkan ginjal anda. 
  • Mengatasi gangguan pernapasan.
Berikutnya Manfaat Sayuran Pare juga ternyata mampu mengatasi gangguan pernafasan. Asma dan bronchitis merupakan gangguan pernapasan kronis, maka dengan mengkonsumsi pare secara teratur, dapat mengatasi gangguan pernapasan tersebut. Untuk itu, pare direkomendasikan bagi orang yang menderita asam dan bronkhitis, anda tidak perlu takut dengan rasa pahitnya. Rasa pahit pada pare memiliki sensasi tersendiri pada lidah kita.
  • Melawan sel kanker.
Antioksidan dalam pare yang tinggi, dapat mengurangi resiko perkembangan sel kanker dalam tubuh. Antioksidan pada pare mampu menangkal radikal bebas penyebab kanker yang semakin beragam seiring perkembangan zaman.
  • Memerangi HIV/AIDS.
Dan untuk manfaat sayuran pare yang terakhir adalah mampu memerangi HIV/AIDS. Pare mengandung protein alpha-momocharin atau MAP 30 yang mampu membatasi ruang gerak atau perkembangan virus HIV. Telah dilakukan penelitian pada pasien yang mengidap HIV/AIDS, pasien tersebut diberi ekstrak pare dan ternyata kekebalan tubuh pasien tersebut meningkat. Di saat penelitian mengenai obat untuk HIV sulit ditemukan, ternyata manfaat sayuran pare begitu dahsyat untuk menambah kajian ilmu kesehatan.

Jadi, bagi para pembaca yang kurang menyukai pare, biasakanlah untuk mengkonsumsinya secara teratur karena mengandung banyak manfaat yang baik bagi kesehatan, meskipun rasanya pahit.

Sekian ulasan mengenai Manfaat Sayuran Pare yang baik untuk kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat. Salam Pola Hidup Sehat.

Baca juga artikel mengenai Si Buncis Menyehatkan Tubuh.

thumbnail
Judul: Pare, Si Pahit yang Menyehatkan
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh

Artikel Terkait Manfaat Aneka Sayuran :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2013. About - Sitemap - Contact - Privacy
Template Seo Elite oleh Bamz