Cara Alami Menghilangkan Ketombe

Menghilangkan Ketombe - Tipraktis.blogspot.com Hampir semua orang pernah mengalami gangguan pada kulit kepala, yang sering kita namakan dengan ketombe. Apa itu ketombe ? Ketombe berasal dari pengelupasan sel-sel kulit mati pada kulit kepala. Lapisan epidermis terus melakukan pembaharuan sel, Sel didorong keluar yang akhirnya mati dan mengelupas. Pembaharuan sel ini normalnya sekitar satu bulan sekali.
Menghilangkan Ketombe
Ketombe yang begitu banyak
Akan menjadi berbahaya jika pengelupasan ini terlalu sering dan diatas normal, ini pertanda bahwa ketombe yang dihasilkan terlalu berlebihan. Banyak orang merasa terganggu dengan ketombe yang sering nampak pada rambut, karena ketombe berwarna putih sangat kontras dengan rambut yang hitam. Ketombe juga menyebabkan gatal dan bisa menurunkan rasa percaya diri, mengapa ? orang yang berketombe bisa dikatakan malas membersihkan rambut.

Ketombe bisa disebabkan oleh adanya jamur, kulit berminyak, keringat yang berlebih, kulit kepala yang sensitive dengan shampoo dan minyak rambut yang lainnya. Kita jangan malah menghilangkan ketombe dengan shampoo dan obat-obatan yang berbahan kimia dengan berlebihan sehingga dosisnya tidak terkontrol, karena bukannya menghilangkan ketombe, tapi nanti malah akan merusak kulit kepala dan rambut. Masih banyak bahan alami yang bisa menghilangkan ketombe, yaitu :

Jus Apel. Menghilangkan Ketombe dengan Jus Apel sangat mudah, anda tidak perlu membeli shampoo atau obat perawatan lainnya. Untuk menggunakan jus apel sebagai obat menghilangkan ketombe, anda bisa membuat ramuannya sendiri. Siapkan 2-3 buah apel, kemudian dijus. Setelah itu, campurkan dengan air hangat. Oleskan jus apel tersebut pada rambut dan kulit kepala secara merata. Diamkan selama 15 menit dan Bilas sampai bersih. Ramuan ini bisa digunakan 2x seminggu secara rutin. (Baca juga Manfaat dan Nutrisi buah Apel yang menyehatkan)
Menghilangkan Ketombe
Santan dan Jeruk Nipis

Cara Untuk Menghilangkan Ketombe yang kedua adalah dengan Campuran Jeruk Nipis, Nanas dan Santan. Peraslah jeruk nipis hingga diperoleh airnya sebanyak 100 ml, Nanas juga sama diperas hingga diperoleh airnya sebanyak 100 ml, siapkan juga santan sebanyak 100 ml. Campurkan ketiga bahan itu, aduk hingga merata, kemudian basuhkan campuran tersebut hingga membasahi kulit kepala. Lakukan 2x seminggu secara rutin.

Lidah Buaya.  Eitss… tunggu dulu, anda tahu maksudnya Lidah buaya ? Yup, Lidah Buaya yang biasa ditanam depan Rumah, bukan Lidah Buaya yang termasuk binatang. Untuk Menghilangkan ketombe dengan lidah buaya, anda bisa memulainya dengan mengupas lidah buaya dengan jumlah secukupnya, ambil daging lidah buaya tersebut. Haluskan dan oleskan pada kulit kepala secara merata. Tunggu selama 15 menit dan bersihkan dengan berkeramas.

Minyak Zaitun. Menghilangkan ketombe dengan bahan alami yang selanjutnya adalah dengan menggunakan Minyak Zaitun. Anda bisa mendapatkannya di Toko Kecantikan, cara penggunaannya adalah dengan mengoleskan minyak zaitun secara merata pada kulit kepala dengan dipijat perlahan. Tunggu sampai meresap selama 30 menit kemdian keramas menggunakan shampoo.

Itulah postingan kami mengenai Cara Alami Menghilangkan Ketombe, ternyata bahan alami yang ada di sekitar kita bisa kita manfaatkan asalkan kita mengetahui caranya. Tertarik untuk mencobanya ? 

0 komentar:

Posting Komentar