Nutrisi Buah Apel yang Menyehatkan

Manfaat Buah Apel - Tipraktis.blogspot.com Siapakah orang yang tidak mengenal Apel ? hampir bisa dipastikan semua orang tahu Apel, mulai dari anak kecil sampai orang dewasa. Apel mempunyai nama latin dengan istilah Malus Domestica. Tidak sulit untuk mencari apel, kita bisa menemukannya di Pasar Modern, PasarTradisional ataupun di Minimarket.
Manfaat Buah Apel
Manfaat Buah Apel
Apel digolongkan kedalam buah yang populer selain jeruk dan alpukat. Masyarakat modern menjadikan apel sebagai buah pencuci mulut, atau dimakan setelah makan nasi (makan berat). Apel kaya nutrisi, vitamin dan rasanya yang manis membuat apel banyak digemari oleh semua kalangan.

Para pembaca, apakah kalian tahu apa saja manfaat buah Apel ? berikut beberapa manfaat buah apel, yaitu :
  • Memperkuat sistem imun tubuh.
Manfaat yang pertama adalah manfaat buah apel yang utama, yang mampu mencegah berbagai serangan penyakit. Kandungan quercetin atau salah satu antioksidan pada apel mampu meningkatkan daya tahan tubuh menghadapi cuaca yang tidak menentu.
  • Mencegah dehidrasi.
Apel mengandung 85 % air, sehingga dengan mengkonsumsi buah ini dapat menghindarkan kita dari dehidrasi. Tubuh kita sangat membutuhkan asupan air yang cukup, bukan saja minum air beberapa gelas, tetapi membutuhkan air juga dari sumber makanan. Bisa dibayangkan bila tubuh kita kekurangan air, akan membuat metabolisme dan sistem pencernaan kita menjadi terganggu. (Baca juga mengenai Dahsyatnya Minum Air Putih dalam mencegah Dehidrasi)
  • Menyehatkan payudara wanita.
Manfaat buah apel yang satu ini perlu dicermati oleh para perempuan, karena manfaatnya berkaitan dengan kesehatan payudara. Dengan mengkonsumsi apel, kanker payudara dapat dicegah sejak dini karena antioksidan pada apel mampu menangkal radikal bebas.
  • Mencegah diabetes.
Manfaat buah apel juga ternyata bisa mencegah diabetes. Senyawa fenolik yang terdapat pada kulit apel sangat baik untuk mencegah diabetes. Cucilah apel terlebih dahulu dengan air yang mengalir sebelum para pembaca memakannya. Agar senyawa tersebut bisa terjaga manfaat alaminya. Dikhawatirkan kulit apel terkontaminasi dengan pupuk atau zat-zat kimia selama apel itu ditanam, oleh karenanya cucilah dengan air yang mengalir. 
  • Mencegah diare dan sembelit.
Untuk manfaat buah apel yang selanjutnya juga ternyata bisa mencegah diare dan sembelit. Kandungan serat pada buah apel mampu melancarkan sistem pencernaan tubuh kita.  Sangat baik bagi orang yang mengalami gangguan pencernaan untuk mengkonsumsi apel secara rutin.
  • Membuat penglihatan jadi jernih.
Katarak, salah satunya bisa dicegah dengan rutin mengkonsumsi apel. Memang penyakit katarak masih banyak dialami oleh orang dari generasi tua, tapi kami menyarankan bahwa kita sebagai generasi muda harus sudah menyadari pentingnya kesehatan tubuh. Terutama kesehatan mata yang sangat penting dalam menjalankan berbagai aktivitas. 
  • Menyehatkan jantung.
Kandungan senyawa fenolik yang terdapat pada kulit apel mampu menyehatkan jantung. Namun, cucilah terlebih dahulu apelnya sebelum dimakan. Manfaat buah apel yang keenam ini hampir sama dengan yang sebelumnya, yakni manfaatnya terdapat pada kulit apel. 
  • Menjaga kekuatan gigi.
Mengonsumsi apel yang rutin akan mencegah pengeroposan gigi dan membuat gigi tetap kuat. Bagi anda yang memiliki anak kecil, bisa untuk membiasakan anaknya mengkonsumsi apel agar kelak mempunyai gigi yang sehat dan kuat.

Bagaimana setelah anda membaca artikel mengenai manfaat buah apel ? Dahsyat bukan manfaat buah apel itu ?

Demikianlah ulasan mengenai manfaat buah apel yang sudah kami jelaskan pada pembaca. Ternyata apel yang mudah kita temukan di Pasaran mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan tubuh dalam menunjang kesehatan. Tidak ada salahnya jika anda rutin mengkonsumsi buah yang satu ini. Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar