Rahasia Manfaat Buah Kurma bagi Kesehatan

Manfaat Buah Kurma - Tipraktis.blogspot.com Kurma memiliki istilah latinnya yaitu Phoenix Dactylifera, terkenal berasal dari Timur Tengah terutama daerah Arab. Meskipun tidak berasal dari Indonesia, namun kurma ini bukanlah buah yang asing di lidah masyarakat kita. Setiap tahun kurma sangat melimpah keberadaannya apalagi saat bulan romadhon. Muslim di Indonesia menjadikan kurma sebagai buah untuk membatalkan puasa saat berbuka.

Banyak diantara kita yang tidak tahu Manfaat Buah Kurma, jika ditelisik lebih dalam buah ini memiliki manfaat yang yang luar biasa. Rosululloh pun mengisyaratkan manfaat buah kurma bagi kesehatan, bayi yang lahir saat itu diberi kunyahan kurma dari orang tuanya. Luar biasa bukan manfaat buah kurma ini ?
manfaat buah kurma
manfaat buah kurma

Jenis-jenis kurma sangat beragam, rasa dan warnanya pun berbeda sesuai jenisnya. Rasanya yang manis dan legit membuat orang tidak kuat memakannya dalam jumlah yang banyak. Memakan kurma dianjurkan sebanyak bilangan ganjil, sesuai sunnah Rosululloh, agar tidak berlebihan dan manfaat buah kurma itu sendiri bisa kita rasakan.

Di balik rasanya yang manis, kurma memiliki beragam manfaat yang membuat tubuh semakin sehat, berikut Rahasia Manfaat Buah Kurma bagi Kesehatan !
  1. Manfaat buah kurma yang pertama adalah menjaga kesehatan tulang dan gigi. Mineral, mangan, selenium dan magnesium yang terkandung dalam kurma mampu memperkuat tulang dan gigi serta mencegah pengeroposan tulang. (Baca juga Magnesium, Mineral yang Penting bagi Tubuh)
  2. Membantu proses pembekuan darah. Kurma yang mengandung Vitamin K dan B-kompleks bermanfaat dalam proses pembekuan darah.
  3. Selain itu ternyata manfaat buah kurma sangat baik untuk saraf dan otak. Kalium yang ada pada kurma dapat meningkatkan saraf supaya lebih responsif dan sehat. Selain itu dapat berpikir lebih cepat dan mempertahankan tingkat konsentrasi dalam menghadapi masalah. (Baca juga Manfaat Kalium dalam Menutrisi Tubuh)
  4. Mengatasi anemia. Penyakit tersebut disebabkan kekurangan zat besi, dalam buah kurma memiliki zat besi sekitar 0,90 miligram atau 100 gram per buah kurma.
  5. Menjaga kesehatan mata. Ternyata kurma memiliki kandungan vitamin A yang cukup tinggi, sehingga sangat baik untuk penguatan penglihatan kita. Bagi anda yang mengalami gangguan kesehatan pada mata, anda bisa merasakan beberapa biji manfaat buah kurma. (Baca juga Jangan Sepelekan Fungsi Mata
  6. Siapa bilang manfaat melancarkan proses buang air besar hanya dimiliki oleh buah-buahan segar ?. Ternyata, Manfaat Buah Kurma juga dapat melancarkan proses buang air besar. Bagi para pembaca yang mengalami susah buang air besar, bisa mengkonsumsi kurma dalam jumlah tertentu. Karena kurma memiliki serat yang mampu melancarkan proses pencernaan dalam tubuh.
  7. Manfaat buah kurma yang terakhir adalah menambah energi. Kurma mengandung kadar gula alami seperti glukosa, sukrosa dan fruktosa, sehingga bagi anda yang memiliki aktivitas padat bisa mengkonsumsi kurma di akhir aktivitasnya.
Ternyata buah yang tergolong kuno ini memiliki manfaat yang sangat penting untuk kesehatan manusia, konsumsilah kurma secara teratur dan rutin. 
Itulah postingan mengenai Manfaat Buah Kurma pada kesempatan ini. Semoga Bermanfaat. Salam Pola Hidup Sehat.
Jangan lupa baca juga postingan mengenai Tips Singkat Agar Terhindar dari Karang Gigi.

0 komentar:

Posting Komentar