8 Manfaat Buah Delima untuk Kesehatan

Manfaat Buah Delima
Manfaat Buah Delima
Manfaat Buah Delima - Tipraktis.blogspot.com Nama latin buah delima dikenal dengan istilah Punica granatum, atau yang paling terkenal dengan sebutan Pome fruit. Buah ini berasal dari Timur Tengah, namun banyak dijumpai di berbagai Negara di dunia. Delima memiliki warna yang cerah, yakni merah. Rasanya yang segar membuat delima digemari oleh banyak kalangan masyarakat.

Dari tampilannya delima mampu menggugah selera masyarakat untuk memakannya. Anda bisa mengkonsumsinya dengan cara dijus atau dimakan langsung, manfaat buah delima salah satunya mencegah dan mengobati kanker. 

Jika ditelisik lebih lanjut maka akan kita temukan berbagai manfaat yang dikandung oleh buah delima, berikut manfaat buah delima :

  1. Manfaat buah delima yang pertama adalah Mencegah dan Mengobati Kanker. Salah satu kanker yang dapat diobati oleh buah delima adalah Kanker Payudara, sel-sel kanker payudara dihancurkan oleh senyawa yang terdapat pada delima. Kanker ini termasuk kanker yang berbahaya, terutama bagi ibu yang sedang menyusui. Sel kanker yang ada pada ibu dikhawatirkan akan menyebar ke anaknya yang menyusui. Sehingga manfaat buah delima yang satu ini perlu dimaksimalkan oleh para wanita. 
  2. Delima ternyata Kaya akan antioksidan. Kandungan antosianidin mampu mencegah kerusakan sel-sel tubuh. Antosianidin yang berfungsi sebagai antioksidan ini mampu mencegah radikal bebas penyebab penyakit jantung. Dibandingkan dengan anggur merah, antioksidan yang dikandung oleh buah delima lebih besar. 
  3. Melindungi Gigi. Buah Delima mampu mencegah terjadinya plak gigi. Selain menggosok gigi sebelum tidur dan sesudah sarapan yang mampu menjaga kesehatan gigi, ternyata manfaat buah delima juga mampu melindungi gigi dari plak. Gigi anda tetap sehat, bagus dan terhindar dari plak gigi yang terkadang berakhir dengan sakit gigi yang hebat. (Baca juga artikel : Tips Singkat Agar Terhindar dari Karang Gigi)
  4. Ternyata manfaat buah delima juga bisa Menyelamatkan Ginjal. Penderita penyakit ginjal dapat meminum jus buah delima, karena delima dapat mengurangi infeksi dan kerusakan sel-sel ginjal yang disebabkan radikal bebas. Minumlah jus delima secara rutin agar ginjal anda selamat dari penyakit yang membahayakan kesehatan.
  5. Mencegah  Aterosklerosis. Aterosklerosis merupakan gangguan pada pembuluh darah arteri yang mengalami penyumbatan karena menumpuknya kadar kolesterol, lemak dan bahan lainnya. Delima mampu mencegah pengerasan dinding arteri yang menjadikan arteri bebas dari lemak dan mengalir dalam darah bersama dengan zat anti-oksidan.
  6. Ini dia manfaat buah delima yang harus diperhatikan oleh penderita hipertensi. Delima mampu Menurunkan tekanan darah (hipertensi). Delima mengandng kalium, sehingga menurut penelitian mampu membantu mengurangi tingkat tekanan darah. Jadi delima sangat baik untuk orang yang menderita hipertensi. (Baca juga Manfaat Kalium dalam Menutrisi Tubuh)
  7. Delima Bersifat anti inflamasi. Kandungan anti-oksidan yang tinggi ditemukan memiliki kualitas anti inflamasi. Ekstrak delima bermanfaat mengurangi pembengkakan arthtitis seperti rematik dan asam urat. Inflamasi adalah peradangan yang disebabkan oleh radikal bebas. 
  8. Dan manfaat buah delima yang terakhir adalah Mengobati cacingan. Delima segar dijus dan dicampur dengan wortel yang telah dijus juga, masing-masing setengah gelas saja. Aduk hingga tercampur rata, kemudian minum sekaligus seperti minum jamu.
Sekian postingan mengenai Manfaat Buah Delima. Ternyata banyak manfaat dari buah yang berwarna merah ini, jadi jangan ragu untuk mengkonsumsi buah yang satu ini dan anda bisa memasukkannya ke dalam menu sajian buah harian. Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba jus buah delima. Semoga Bermanfaat. Salam Pola Hidup Sehat.
Jangan lupa untuk membaca artikel kami yang lainnya, Seputar Kesehatan atau juga mengenai Manfaat Aneka Sayuran. 

0 komentar:

Posting Komentar