Pengertian, Gejala dan Pencegahan Penyakit Anemia

Seputar Penyakit Anemia - Tipraktis.blogspot.com Anemia adalah Kekurangan darah, kondisi dimana jumlah sel darah merah atau jumlah hemoglobin dalam darah merah berada di bawah normal. Hemoglobin mengangkut oksigen dari paru-paru dan mengantarkannya ke seluruh bagian tubuh. Anemia mengakibatkan transportasi sel darah merah akan terganggu dan jaringan tubuh si Penderita akan mengalami kekurangan oksigen guna menghasilkan energi. Penderita Anemia bisa kekurangan energi yang pada akhirnya merasa cepat lelah dan terkadang sesak nafas. Secara umum,penyakit Anemia dikarenakan oleh pendarahan usus, Kekurangan zat besi, kekurangan asam folat dan kekurangan vitamin B12.
Pengertian, Gejala, dan Pencegahan Penyakit Anemia
Gejala Anemia (Kurang Darah)

Menurut anda, apakah kurang darah sama dengan darah rendah ? Jangan salah memahaminya ! kedua istilah tersebut tentunya beda, Darah rendah merupakan rendahnya tekanan darah, sedangkan anemia (kurang darah) adalah kurangnya sel darah merah atau hemoglobin seperti penjelasan kami di awal. Karena masih banyak diantara masyarakat yang menyangka bahwa kedua istilah itu mempunyai makna yang sama.

Gejala Anemia (Kurang Darah)


  1. Mata yang pucat. Untuk melihat gejala anemia (Kurang Darah), anda bisa melihat penderita anemia ketika meregangkan kelopak mata dan bagian bawah mata. Anda akan menemukan bagian dalam kelopak mata berwarna pucat.
  2. Sakit Kepala. Gejala Anemia (Kurang Darah) yang kedua adalah sakit kepala. Anemia (Kurang Darah) menyebabkan otak kekurangan oksigen, sehingga menyebabkan sakit kepala. Penderita akan sering merasakan sakit kepala secara terus menerus.
  3. Sesak Nafas. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa Anemia (Kurang Darah) menyebabkan oksigen yang dibawa hemoglobin menjadi rendah. Hal itu menurunkan tingkat oksigen dalam tubuh. Penderita akan merasa sesak nafas atau terengah-engah ketika melakukan aktivitas yang cukup berat. Gejala Anemia (Kurang Darah) yang ini terkadang mengagetkan penderita, karena kekurangan oksigen. 
  4. Sering Merasa cepat Lelah. Apakah anda pernah merasakan lelah sepanjang waktu selama satu bulan atau lebih ? Berhati-hatilah bisa jadi anda menderita gejala anemia (kurang darah). Pasokan energi tubuh bergantung sekali pada oksidasi dan jumlah sel darah merah dalam tubuh. Hal ini berjalan lurus, semakin rendah sel darah merah, tingkat oksidasi dalam tubuh pun ikut berkurang. Pada akhirnya anda akan merasakan lelah terutama setelah melakukan aktivitas.
  5. Sering Mual di Pagi Hari. Penderita seringkali mengalami gejala anemia (kurang darah) seperti morning sickness atau mual dan sakit kepala saat bangun dari tempat tidur di Pagi hari. (Baca juga Manfaat Mentimun dalam Mengatasi Morning Sickness)

Pencegahan Anemia (Kurang Darah)

Tentunya kita tidak mau menderita anemia (kurang darah), karena akan menyebabkan kita merasakan sakit yang merepotkan diri kita sendiri ataupun orang di sekitar kita. Ada beberapa kandungan atau nutrisi yang harus dipenuhi untuk mencegah anemia (Kurang Darah),

1.      Zat Besi.
Pencegahan Anemia (Kurang Darah) salah satunya dengan memenuhi kebutuhan nutrisi akan zat besi, maka anda akan terhindar dari anemia (kurang darah), zat besi bisa ditemukan pada daging, kacang, sayuran berwarna hijau gelap seperti bayam, sawi dan lain-lain.

2.      Vitamin C.
Penyerapan zat besi dalam tubuh dibantu oleh kehadiran vitamin C. Vitamin C terdapat pada jeruk, melon dan buah jenis berry. Untuk pencegahan Anemia (Kurang Darah) biasakanlah untuk mengkonsumsi jeruk secara rutin. 

3.      Asam Folat.
Asam Folat merupakan nutrisi yang cukup penting, terutama untuk ibu hamil agar bayi lahir dengan keadaan selamat dan sehat. Asam Folat terdapat pada Jeruk, Pisang, sayuran berwarna hijau gelap juga kacang-kacangan.

4.      Vitamin B12.
Untuk mendapatkan vitamin B12 ini, anda bisa mengkonsumsi daging dan susu. Anemia (Kurang Darah) dapat dicegah dengan mencukupi kebutuhan tubuh akan vitamin B12, tentunya dengan konsumsi yang rutin dan tidak berlebihan. Dengan Demikian, Pencegahan Anemia (Kurang Darah) akan lebih maksimal jika semua kandungan diatas terpenuhi dengan baik.

Itulah postingan kami mengenai Pengertian, Gejala dan Pencegahan Anemia. Jagalah kesehatan dengan mencukupi kebutuhan gizi tubuh dan rajin mengkonsumsi buah sayuran yang terbebas dari bahan kimia. Semoga Bermanfaat. Salam Pola Hidup Sehat. 

Baca juga Cara Alami Menghilangkan Ketombe.
thumbnail
Judul: Pengertian, Gejala dan Pencegahan Penyakit Anemia
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh

Artikel Terkait Istilah Kesehatan :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2013. About - Sitemap - Contact - Privacy
Template Seo Elite oleh Bamz