Nanas, Buah yang Menyegarkan dan Bermanfaat

Manfaat Buah Nanas - Tipraktis.blogspot.com Nama latin buah nanas adalah Ananas Comosus L, Nanas berasal dari Brasil. Saat ini di Indonesia pun sudah banyak ditanam, perkebunan nanas terbesar di Indonesia terdapat di daerah Subang. Banyak cara untuk mengkonsumsi buah nanas, anda bisa memakannya langsung, dijadikan manisan, diolah menjadi selai atau juga dibuat menjadi sirop. Aroma dari buah nanas sangat khas dan cukup tajam, Nanas memiliki rasa yang bercampur antara asam dan manis tetapi menyegarkan karena mengandung banyak air. Harganya pun terjangkau, anda bisa menemukan buah nanas mulai dari Pasar Tradisional hingga Pasar Modern (Supermarket). 
Manfaat Buah Nanas yang Baik untuk Kesehatan
Manfaat Buah Nanas

Meskipun harganya cukup terjangkau, tetapi manfaat buah nanas sangat baik untuk kesehatan, diantaranya yaitu :

  1. Mengatasi SembelitManfaat buah nanas yang pertama adalah mengatasi sembelit, untuk membuat ramuannya anda bisa mengupas 3 buah nanas yang belum masak, cucilah dengan air mengalir hingga bersih. Kemudian, jus atau parut buah nanasnya lalu peras. Minumlah air perasannya setelah makan 2 kali sehari dengan takaran cukup ½ gelas saja. Lakukan hal ini dengan rutin hingga sembelit hilang. Selamat Mencoba.
  2. Melancarkan pencernaan. Manfaat buah nanas yang kedua adalah memperlancar sistem pencernaan. Buah nanas mengandung enzim bromelain dalam jumlah besar. Berguna untuk memperlancar sistem pencernaan dan solusi untuk melegakan tenggorokan. Bagi anda yang ingin sistem pencernaannya lancar, konsumsilah nanas dengan rutin. (Baca juga Manfaat Buah Pepaya yang Sangat Baik untuk Sistem Pencernaan)
  3. Manfaat buah nanas untuk melancarkan haidManfaat buah nanas yang satu ini penting diingat untuk semua perempuan, buah nanas yang masih muda bisa melancarkan haid. Satu catatan yang sangat keras adalah tidak dianjurkan perempuan hamil mengkonsumsi buah nanas yang masih muda.
  4. Menambah kadar gula darahBuah nanas dipercayai mempunyai kandungan gula yang cukup tinggi. Bagi anda yang memiliki kadar gula rendah, manfaat buah nanas yang satu ini menjadi solusinya. Nanas berguna untuk menolong menambah kadar gula darah dalam tubuh.
  5. Mencegah Kanker. Kandungan vitamin C serta Vitamin A yang berbentuk antioksidan dapat mencegah radikal bebas. Dengan manfaat buah nanas ini, sel kanker yang berbahaya yang masuk dalam tubuh akan mampu dihindari.
  6. Menjaga Kesehatan kulitBuah nanas juga bisa digunakan untuk mengatasi peradangan pada kulit. Untuk membuat ramuan ini, ambillah setengah bagian buah nanas yang sudah masak. Kupas dan parutlah. Hasil parutan dipakai untuk menggosok bagian kulit yang mengelupas dan bersisik. Hal ini sebaiknya anda lakukan pada malam hari sebelum tidur dan esok harinya segera cuci bagian kulit tersebut.
  7. Mengatasi Masalah Ketombe. Manfaat buah nanas bisa digunakan untuk mengatasi masalah ketombe. Bagaimana caranya ? siapkan ¼ bagian buah nanas yang telah masak. Kupaslah kulitnya, parut lalu peras dan saring. Campurkan air nanas itu dengan air perasan 1 jeruk nipis lalu aduklah secara merata. Campuran ini digunakan untuk menggosokkan pada bagian kulit kepala yang terdapat ketombe. Untuk melakukan kegiatan ini, sebaiknya dilakukan saat malam hari sebelum tidur. Bersihkan rambut dengan berkeramas pada esok harinya. Lakukan selama 2-3 kali dalam 1 minggu.
Demikian postingan mengenai Manfaat Buah Nanas yang Baik untuk Kesehatan. Dengan mengkonsumsi buah nanas yang teratur, anda akan merasakan manfaat besar yang baik untuk fungsi organ tubuh. Semoga Bermanfaat. Salam Pola Hidup Sehat.  

Baca juga Manfaat Buah Jambu Biji untuk Kesehatan Jantung.

0 komentar:

Posting Komentar