Kelapa Muda, Antara Mitos dan Fakta untuk Kehamilan.

Manfaat Buah Kelapa Muda - Tipraktis.blogspot.com Nama latin buah kelapa adalah Cocos Nucifera. Bagi anda terutama yang sudah menikah, baik perempuan atau laki-laki, pasti telah mendengar bahwa air kelapa baik untuk kehamilan. Banyak yang bertanya, Mitos atau memang fakta ilmiah ? Mari kita bahas bersama mengenai manfaat buah kelapa muda untuk kehamilan. Sebagian Ibu hamil merasa resah mengenai kebenaran informasi manfaat buah kelapa muda untuk kehamilan. Di suatu daerah di Indonesia mempercayai bahwa buah kelapa muda malah dapat memicu keguguran, sehingga ibu hamil di Daerah tersebut merasa resah dan takut untuk mengkonsumsi buah kelapa muda. Jadi, bagaimana manfaat buah kelapa muda itu untuk kehamilan ? mitos, fakta ilmiah, atau justru malah menggugurkan kehamilan ? Mari kita bahas bersama.
Manfaat Buah Kelapa Muda
Manfaat Buah Kelapa Muda

Secara umum, kandungan buah kelapa muda itu Rendah Kalori, 99% bebas lemak, Rendah kadar gula, antioksidan, dan  isotonik alami. Air buah kelapa muda dipercaya dapat membersihkan air ketuban dan mempermudah proses persalinan, serta membuat kulit bayi menjadi lebih halus. Memang belum banyak penelitian yang dilakukan untuk memperkuat anggapan mengenai manfaat buah kelapa muda untuk ibu hamil, seperti sebagai berikut manfaatnya :

  • Mengandung Elektrolit alami.
Manfaat buah kelapa muda yang pertama adalah mengandung elekrolit alami, kandungan kalsium, kalium, elektrolit, klorida, riboflavin dan magnesium. (Baca juga mengenai Manfaat Kalium dalam Menutrisi Tubuh) Hal ini tentunya sangat baik untuk mendukung tubuh dalam menghindari dehidrasi dan memulihkan stamina, terutama ibu hamil membutuhkan cairan yang lebih banyak dari biasanya. Kekurangan cairan (dehidrasi) akan menyebabkan sakit kepala, kram dan paling parah adalah mengakibatkan persalinan prematur.

  • Menjadi Penawar Racun.
Air kelapa muda mengandung asam lauric yang berperan dalam melawan berbagai penyakit. Air Susu Ibu juga mengandung asam lauric, itu artinya Alloh telah menciptakan anugrah terindah yang membuat ASI menjadi susu terbaik daripada susu kalengan. ASI mampu menawarkan racun dalam darah. Hal ini hampir sama dengan manfaat buah kelapa muda yang mampu meningkatkan sistem imun dalam mengurangi resiko terjadinya diabetes, berbagai kanker dan penularan HIV yang mungkin terjadi pada ibu maupun janin dalam kandungan. (Baca juga Manfaat Air Putih dalam Menghilangkan Racun Tubuh)
Manfaat Buah Kelapa Muda
Air Kelapa Muda untuk Kehamilan


  • Membantu Pencernaan.
Manfaat buah kelapa muda yang ketiga dipercaya dapat mengatasi gangguan pencernaan. Selama Ibu hamil, plasenta memproduksi hormon progesteron yang menyebabkan lambatnya kontraksi otot lambung sehingga pencernaan anda bermasalah. Nutrisi dan oksigen dari air buah kelapa muda dapat dengan mudah diserap sel tubuh, dapat meningkatkan fungsi usus dan dapat membantu meringankan sakit perut dan gangguan pencernaan lainnya yang sering dirasakan oleh ibu hamil.

  • Memiliki Funngsi sebagai diuretik alami.
Sebelumnya, anda tahu kan apa yang dimaksud dengan diuretik ? Ya, diuretik adalah mudahnya kita membuang urin atau kencing. Sehingga manfaat buah kelapa muda mampu memperlancar proses pembuangan urin dan membantu membersihkan saluran kemih, mengeluarkan zat racun yang dihasilkan tubuh, mencegah infeksi pada saluran kemih yang sering dialami oleh ibu hamil.

Jadi, pada akhirnya manfaat buah kelapa muda memang sangat baik untuk ibu hamil. Orang tua atau nenek moyang kita juga tidak salah menganjurkan ibu hamil untuk mengkonsumsi buah kelapa muda dalam jumlah yang cukup. Selain itu, jika anda masih ragu dalam mengkonsumsi buah kelapa muda, sebaiknya konsultasikan dengan dokter kandungan atau bidan anda.


Itulah postingan kami mengenai manfaat buah kelapa muda bagi kehamilan sang ibu. Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar