Bayam, Sayuran Popeye yang Menyehatkan

Manfaat Sayuran Bayam - Tipraktis.blogspot.com Nama Latin sayuran bayam adalah Amaranthus tricolor L. Bayam adalah salah satu jenis sayuran yang mudah kita jumpai di Warung yang menjual sayuran atau di Pasar dengan harga yang relatif murah. Bayam sangat familiar dengan lidah orang Indonesia, teman yang cocok untuk mendampingi bayam adalah tempe goreng yang masih hangat untuk dimakan.
Manfaat Sayuran Bayam
Manfaat Sayuran Bayam
Dalam bahasa Persia, bayam bisa diartikan menjadi tangan hijau. Memang sayuran ini berwarna hijau, nutrisi yang ada pada bayam sangat lengkap dan kaya. Jika para pembaca sering menonton film kartun Popeye, bayam menjadi makanan favoritnya. Bahkan diilustrasikan bahwa bayam bisa menghasilkan kekuatan yang dahsyat bagi si Popeye, dengan memakan bayam penjahat pun dapat dikalahkan olehnya. So... itu mungkin bisa dikatakan berlebihan, namun tidak salah juga karena bayam mengandung berbagai nutrisi seperti Protein, lemak, kalium, amaranthin, karbohidrat, zat besi, purin dan vitamin A, B, C. Selain kaya nutrisi, manfaat sayuran bayam juga beraneka macam dan baik bagi kesehatan, berikut manfaatnya :

Mencegah Kanker.
Manfaat sayuran bayam ternyata bisa mencegah kanker. Penyakit yang paling ditakuti oleh semua orang adalah penyakit kanker. Untuk mengatasi agar tidak terserang penyakit kanker salah satunya dengan mengkonsumsi bayam. Bayam mengandunng zat flavonoid yang mampu mencegah kanker seperti kanker payudara.

Mendukung Kesehatan Mata.
Bayam mengandunng vitamin A yang sangat baik untuk kesehatan mata, penglihatan yang kita miliki perlu dirawat salah satunya dengan mengkonsumsi bayam. Manfaat sayuran bayam juga ternyata sangat baik untuk kesehatan mata sebagaimana Manfaat sayuran wortel.

Organ Pencernaan menjadi sehat
Manfaat sayuran bayam juga bisa menyehatkan pencernaan. Makanan berserat memang bagus untuk saluran pencernaan, bayam memiliki kandungan serat yang sangat efektif menyehatkan pencernaan.

Jantung menjadi sehat.
Pola hidup saat ini yang serba instant berpotensi membuat orang mempunyai penyakit jantung, sebab banyak bahan pengawet, penyedap rasa dan pewarna yang berbahan kimia serta udara yang semakin kotor karena polusi kendaraan bisa memicu penyakit jantung dan paru-paru. Oleh karena itu, dengan mengkonsumsi sayur bayam menjaga agar jantung tetap sehat.

Mencegah Diabetes.
Untuk manfaat sayuran bayam yang satu ini merupakan kabar baik bagi penderita diabetes maupun bagi kita yang takut terkena diabetes. Bagi masyarakat yang takut terkena diabetes hendaknya mengkonsumsi bayam secara rutin, kandungan magnesium yang ada pada bayam mampu menstabilkan kadar gula darah.

Mengobati gusi berdarah.
Bayam yang dicampurkan dengan wortel dapat mengobati gusi berdarah yang kekurangan vitamin C. Campuran Wortel itu sendiri bisa dijus ataupun dibuat sayur. Ternyata manfaat sayuran bayam mampu mengobati permasalahan yang sering dihadapi masyarakat  banyak, yaitu gusi berdarah yang diakibatkan oleh kesalahan ketika menggosok gigi ataupun karena kekurangan vitamin C.
Manfaat Sayuran Bayma
Gusi berdarah

Mencegah anemia.
Dan untuk manfaat sayuran bayam yang terakhir adalah mampu mencegah anemia. Bayam bisa dikatakan sebagai sumber zat besi yang mampu meregenerasi sel darah marah dan memperbanyak sel darah merah untuk kemudian mendistribusikan oksigen ke seluruh bagian tubuh. (Baca juga manfaat buah pisang dalam mengatasi anemia)

Namun, untuk penderita asam urat, tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi bayam, karena didalam bayam mengandung senyawa Purin.

Demikianlah manfaat sayuran bayam yang baik untuk kesehatan, sayuran hijau yang kaya akan nutrisi dan manfaatnya, sehingga Tokoh Popeye tidak salah menjadikan bayam sebagai makanan favoritnya. 

0 komentar:

Posting Komentar