Pertolongan Pertama saat Keseleo (Terkilir)

Pertolongan Pertama Keseleo - Tipraktis.blogspot.com Pernahkah anda mengalami keseleo ? Keseleo sering terjadi ketika kita melakukan aktivitas yang cukup berat, seperti membersihkan Rumah, menaiki tangga dengan membawa berat yang berat atau bahkan sedang berolahraga. Keseleo tidak pandang bulu, anak-anak, remaja bahkan orang dewasa banyak yang sudah mengalaminya. Lalu bagaimana pertolongan pertama saat keseleo itu ?
Pertolongan Pertama Saat Keseleo (Terkilir)
Saat Keseleo
Sebelum masuk ke bahasan cara pertolongan pertama saat keseleo, ada baiknya kita mengetahui sabab musababnya. Keseleo atau terkilir merupakan cedera brupa peregangan (strain) pada tendon (jaringan yang menghubungkan otot dengan tulang)  atau robekan (sprain) pada tendon atau juga terjadi pada ligament (jaringan yang menghubungkan tulang dengan tulang). 

Pertolongan Pertama saat Keseleo
Jenis Keseleo

Keseleo sering terjadi pada persendian, Sendi kaki merupakan titik yang sering terjadi keseleo. Telapak kaki keseleo ke arah dalam (inversi) atau ke arah luar (eversi), hal ini sering terjadi ketika kita berlari, melompat ataupun berjalan dengan tidak fokus. Keseleo yang parah dapat menyebabkan pembengkakan, tentunya hal ini perlu penanganan yang tepat ! Keseleo disebabkan Peregangan otot yang berlebihan atau menerima tekanan beban yang berat sehingga tubuh tidak siap untuk menerima beban tersebut.

Berikut pertolongan pertama saat keseleo, yaitu :

1.      Istirahatkan Tubuh.
Ketika kita keseleo, istirahatkanlah tubuh terutama bagian sendi yang mengalami keseleo, agar tidak terjadi pembengkakan yang parah. Banyak diantara kita yang tetap memaksakan bekerja atau melakukan aktivitas meskipun sakit, hal itu sangat berbahaya bagi otot yang keseleo. Waktu 1-2 hari merupakan waktu kritis setelah keseleo, karena rasa sakit setelah keseleo akan sangat terasa.

2.      Kompres dengan Es.
Anda bisa mengompresbagian tubuh yang keseleo dengan es selama 20 menit tiap 2-3 jam sekali. Jangan mengompres melebihi 20 menit, karena beresiko merusak jaringan. 

Pertolongan Pertama saat Keseleo
Kompres dengan Es

3.      Kompresi.
Maksudnya adalah balutlah bagian yang keseleo dengan pembalut elastis, balutlah dengan kuat namun tidak ketat, usahakan agar anda tetap dalam keadaan nyaman agar sirkulasi darah ke bagian yang dibalut tetap lancar. Lakukan lah selama 2-5 hari sampai rasa sakitnya menghilang.
Pertolongan Pertama saat Keseleo
Membalut bagian yang keseleo

4.      Elevate (Tinggikan).
Buatlah keadaan bagian tubuh yang keseleo lebih tinggi dari jantung, kalau keseleonya pada kaki, anda bisa menggantung kaki anda cukup tinggi atau meletakkan bantal. Agar resiko bengkak pada kaki dapat dihindari.

Meninggikan kaki yang keseleo

Itulah pertolongan pertama saat keseleo, 4 cara diatas lebih dikenal dengan metode RICE (Rest, Ice, Compression, and Elevate). Lakukanlah 4 metode tersebut saat anda keseleo. Jika masih bengkak, periksalah ke dokter fisioterapi atau tukang pijat yang berkompeten dalam menangani otot bermasalah. Untuk itu berhati-hatilah dalam melakukan setiap aktivitas agar mampu terhindar dari resiko cedera akibat keseleo. Semoga Bermanfaat. Salam Pola Hidup Sehat.

Baca juga Pertolongan Pertama saat Mimisan.
thumbnail
Judul: Pertolongan Pertama saat Keseleo (Terkilir)
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh

Artikel Terkait Seputar Kesehatan :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2013. About - Sitemap - Contact - Privacy
Template Seo Elite oleh Bamz