Inilah Manfaat dan Bahaya Minum Kopi bagi Kesehatan

Manfaat dan Bahaya Minum Kopi - Tipraktis.blogspot.com Nama Latin Kopi adalah coffea, apakah anda termasuk orang yang sering meminum kopi ? bagi sebagian orang memang paling enak mengkonsumsi segelas kopi hitam dengan merokok, bahkan sampai bisa memberikan ide atau inspirasi bagi pekerjaannya. Sebegitu berpengaruhnya kopi bagi orang yang telah menggilainya, dan selain itu juga kopi sering dipercaya untuk mengusir rasa kantuk. Bahkan bagi anak reggae, kopi hitam itu seperti minuman yang wajib dikonsumsi.
Manfaat dan Bahaya Minum Kopi
Ilustrasi Secangkir Kopi
Menurut anda, apakah kopi itu bermanfaat atau malah berbahaya untuk kesehatan ? Mari kita bahas manfaat dan bahaya kopi bagi kesehatan.

Manfaat kopi juga cukup baik bagi tubuh, tentunya dengan konsumsi yang cukup yakni tidak lebih dari empat cangkir sehari. Manfaat kopi ternyata mengandung banyak antioksidan yang dapat menghambat penyakit. Kopi juga mampu meningkatkan kinerja daya tahan dalam beraktivitas fisik yang cukup lama. Beberapa manfaat kopi akan dijelaskan sebagai berikut :

1.      Mengobati diabetes.
Ternyata manfaat kopi juga bisa menurunkan resiko diabetes tipe 2 hingga kurang lebih 50%, mungkin karena kandungan chlorogenic acid dalam kopi yang telah terbukti menghambat penyerapan gula dalam sistem pencernaan.

2.      Mengurangi resiko stroke.
Studi yang dilakukan pada 2009 menunjukkan bahwa perempuan yang minum kopi sebanyak 3 cangkir sehari memiliki kemungkinan 20-25% lebih rendah untuk terserang stroke, dibandingkan dengan dengan perempuan yang minum kopi satu cangkir selama satu bulan.

3.      Mencegah Kanker.
Manfaat kopi yang selanjutnya adalah mencegah kanker. Antioksidan dalam kopi dapat membantu mencegah kanker. Penelitian telah dilakukan di Jepang, Perempuan yang meminum kopi dua cangkir atau lebih memiliki resiko 25% lebih rendah untuk terhindar dari kanker usus besar dibandingkan dengan mereka yang tidak mengkonsumsi kopi.

4.      Mencegah batu empedu.
Dalam penelitian yang terbaru, menunjukkan kepada kita bahwa minum kopi setiap hari dapat mengurangi resiko dari penderitaan batu empedu. Manfaat kopi terutama Kafein yang ada didalamnya mampu menurunkan kolesterol dalam empedu.

Nah…. Setelah membahas manfaat kopi, mari kita beralih mengenai bahaya kopi bagi kesehatan. Berikut bahasannya :
Manfaat dan Bahaya Minum Kopi
Bahaya Minum Kopi
1.      Meningkatkan Asam Lambung.
Bagi orang yang memiliki penyakit maag dan tergolong maag akut, sangat dilarang untuk mengkonsumsi kopi. Bahaya kopi dapat merangsang peningkatan asam lambung berlebih dan dapat meningkatkan kegelisahan jiwa. (Baca juga Manfaat Strawberry dalam Menjaga Suasana Hati)

2.      Meningkatkan Detak Jantung.
Bahaya kopi yang kedua harus kita hindari, karena ini berhubungan dengan organ vital kita dalam tubuh. Kafein sebagai kandungan utama kopi mempunyai sifat stimulant yang menimbulkan kecanduan. Bahaya kopi ini akan muncul jika anda mengkonsumsi kopi secara berlebihan, kafein mempengaruhi sistem kardiovaskular seperti meningkatkan detak jantung dan tekanan darah.

3.      Berbahaya bagi ibu hamil.
Ibu hamil sangat tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi kopi, karena bahaya kopi akan mengancam keselamatan bayi yang dikandung. Apabila dikonsumsi secara berlebihan, kafein tersebut dapat menimbulkan keguguran dan mempengaruhi janin. Kafein tersebut dapat menyerang plasenta serta masuk ke dalam sirkulasi darah yang menuju janin tersebut.
Manfaat dan Bahaya Minum Kopi
Bahaya Kopi bagi Ibu Hamil
Itulah tulisan atau postingan kami mengenai manfaat dan bahaya kopi bagi kesehatan tubuh. Kami menganjurkan agar anda dapat lebih selektif untuk memilah dan memilih makanan dan minuman yang menyehatkan fungsi dan organ tubuh. Semoga bermanfaat. Salam Pola Hidup Sehat.

Baca juga Manfaat Terong Ungu untuk Terapi Berhenti Merokok.

0 komentar:

Posting Komentar