Manfaat Jeruk Nipis

Manfaat Jeruk Nipis - Tipraktis.blogspot.com Jeruk Nipis atau citrusaurantifolia dalam bahasa latin, termasuk golongan buah yang memiliki rasa asam dan agak pahit. Kerap digunakan sebagai penambah rasa dan pengharum dalam makanan, jeruk nipis biasanya dipasangkan dengan makanan berkuah seperti soto atau bakso. Tapi tak jarang juga jeruk nipis diperas pada makanan seperti sate atau baso tahu sebagai penghilang amis.
Selain sedap dan menjadi bumbu primadona untuk aneka resep makanan, jeruk nipis juga kaya manfaat karena mengandung banyak air dan vitamin C yang tinggi. Jeruk nipis juga mengandung beberap zat lain yang bermanfaat bagi tubuh seperti asam sitrun, glukosa, lemak, minyak atsiri, kalsium, fosfor, belerang dan asam amino sehingga sering digunakan sebagai obat. Jeruk nipis yang berkhasiat adalah jeruk nipis yang masih segar, berkulit tipis, serta berwarna hijau kekuningan.
Manfaat Jeruk Nipis
Manfaat Jeruk Nipis
Khasiat jeruk nipis mampu menyembuhkan banyak penyakit mulai dari batuk, pencernaan hingga menghilangkan jerawat dan meluruhkan lemak sehingga baik dikonsumsi bagi anda yang sedang diet. Berikut beberapa tips bagaimana mengolah jeruk nipis agar menjadi obat penyembuhan penyakit.

1.      Manfaat Jeruk Nipis Mengobati Ambeien.
Manfaat Jeruk Nipis yang pertama terdapat pada akarnya. Cuci bersih 10 gram akar pohon jeruk nipis kemudian rebus dengan air sebanyak 1 liter selama 30 menit. Setelah matang, segera saring dan minum hangat-hangat 3 kali sehari. (Baca juga Cara Mengatasi Wasir atau Ambeien)

2.      Manfaat Jeruk Nipis Mengobati Amandel.
Cuci tiga butir kulit jeruk nipis, potong-potong, lalu rebus dengan dua gelas air hingga airnya tersisa kemudian saring. Dinginkan kemudian gunakan air tersebut untuk kumur-kumur. Lakukan 3-4 kali dalam sehari.

3.      Manfaat Jeruk Nipis Mengobati Anyang-anyangan.
Dua jeruk nipis dicuci, diperas lalu diberi gula batu secukupna. Larutkan dengan satu gelas air panas. Minum hangat-hangat sekaligus sehari sekali. (Anyang-anyangan adalah penyakit infeksi saluran kemih, gejalanya anda kencing tetapi tidak tuntas, ingin kencing tetapi sedikit-sedikit).

4.      Manfaat Jeruk Nipis Mengobati Batuk.
Satu jeruk nipis dicuci, diperas, dicampur dengan satu sendok makan madu dan sedikit garam, aduk hingga rata lalu disaring. Diminum 2-3 kali sehari. Bisa juga dengan menggunakan perasan jeruk nipis ditambah sepotong gula batu lalu diaduk hingga rata, diminum 1 kali sehari sampai sembuh.

5.      Manfaat Jeruk Nipis Mengobati Batuk Disertai Influenza.
Peras potongan jeruk nipis yang mengandung banyak air. Seduh air perasannya dengan 60 cc air panas. Tambahkan ½ sendok the air kapur sirih sambil diaduk rata. Minum ramuan ini dua kali sehari sebanyak duasendok makan.

6.      Manfaat Jeruk Nipis Mengobati Bau Badan.
Potong Jeruk Nipis yang cukup besar menjadi dua bagian kemudian olesi bagian irisan dengan kapur sirih tipis-tipis. Oleskan ke ketiak setelah mandi. Biarkan selama 5 menit lalu dibilas, lakukan tiap pagi dan sore. Atau bisa juga dengan menggunakan 10 helai daun muda jeruk nipis ditumbuk sampai halus, dilumatkan, gulung kecil-kecil seperti pil, makan 3 kali sehari.

Jeruk nipis masih memiliki jutaan manfaat baik lainnya karena kandungan vitamin di dalamnya. Banyak mengkonsumsi jeruk nipis juga mampu mengembalikan stamina tubuh. Mengkonsumsi air perasan jeruk nipis yang dicampur air pada pagi hari dengan rutin juga akan membawa banyak efek positif bagi tubuh.

Itulah postingan kami mengenai manfaat jeruk nipis yang kami kutip dari media massa dengan beberapa penambahan kata tanpa menghilangkan makna.


Sumber : Koran Pikiran Rakyat Halaman 10 Edisi Rabu 23 April 2014

0 komentar:

Posting Komentar