Manfaat Buah Rambutan yang Baik untuk Tubuh

Manfaat Buah Rambutan - Tipraktis.blogspot.com Nama latin rambutan adalah Nephelium Laapaceum. Rambutan, si Kecil yang manis asam. Ya, memang rasa rambutan begitu menyegarkan lidah, ada yang manis dan tidak sedikit juga yang asam. Rambutan sangat enak dinikmati saat cuaca panas, karena kandungan rambutan memiliki cukup banyak air. Bisa dipastikan semua orang sudah merasakan manis dan asamnya buah ini. Saat musim rambutan tiba, anda tidak perlu susah-susah mencarinya, banyak ditemui penjual rambutan di Pinggir Jalan, Pasar Tradisional hingga Supermarket. Harganya cukup terjangkau oleh semua kalangan masyarakat, sehingga bisa dikatakan bahwa buah ini merupakan buah favorit di lidah masyarakat. Bukan begitu para pembaca ?
Manfaat buah Rambutan
Manfaat Buah Rambutan
Lalu, apa sih manfaat buah rambutan untuk kesehatan ? anda belum tahu ? mari kita bahas bersama mengenai manfaat buah rambutan untuk kesehatan. Berikut bahasannya :
  • Mencegah Kanker.
Manfaat buah rambutan yang pertama adalah bisa mencegah kanker. Asam Gallic dalam buah rambutan mampu menghancurkan berbagai radikal bebas dalam tubuh yang beresiko menimbulkan berbagai kanker. Juga telah dilakukan penelitian oleh para ahli di Thailand bahwa kulit, biji dan buah rambutan mengandung antioksidan yang tinggi yang disebut flavanoid. Zat ini mampu menurunkan kadar kolesterol, mencegah peradangan, dan mencegah pertumbuhan sel kanker.
  • Mengatasi anemia dengan baik.
Gejala anemia ditandai dengan rasa pusing dan mudah lelah, apalagi jika anda termasuk orang yang padat pekerjaannya. Zat besi dalam rambutan mampu mengatasi gejala anemia tersebut. Sehingga kami merekomendasikan bagi anda yang menderita anemia, bisa mengkonsumsi buah rambutan dalam jumlah yang cukup.
  • Menyehatkan organ ginjal.
Tentu kita menginginkan ginjal yang sehat, karena fungsi ginjal dalam tubuh sangat penting dalam mengolah semua nutrisi dan asupan makanan. Manfaat buah rambutan adalah jawabannya. Kandungan fosfor dalam buah bermanfaat untuk menghilangkan racun serta limbah makanan yang menumpuk dalam organ ginjal.
  • Meningkatkan daya tahan tubuh.
Manfaat buah rambutan yang keempat ini cukup penting terutama dalam menghadapi cuaca yang tidak menentu, sebab ketika itu penyakit mudah tersebar. Dengan daya tahan tubuh yang kuat maka kitapun tidak akan mudah terserang penyakit, Nah, buah rambutan mengandung tembaga yang bermanfaat dalam pembuatan sel darah putih, dan sel darah putih inilah yang berperan melawan virus, kuman serta bakteri  pembawa penyakit.
  • Menurunkan Berat Badan.
Buah rambutan memiliki kandungan serat dan air yang tinggi. Sehingga dengan mengkonsumsi buah rambutan bisa mengenyangkan tubuh dan membuat anda kenyang lebih lama. Selain itu, kandungan kalium, kalsium dan magnesium dalam rambutan sangat baik dalam mendukung program menurunkan berat badan. (Baca juga mengenai Manfaat Kalium dalam Menutrisi Tubuh)
  • Mengobati Disentri
Manfaat buah rambutan yang satu ini terdapat pada kulitnya. Bagaimana cara membuat ramuannya ? Cukup mudah, siapkan 10 buah rambutan dan ambillah kulitnya kemudian dicuci dan potong-potong secukupnya. Tambahkan 3-4 gelas air bersih dan rebus hingga mendidih selama 15 menit. Setelah dingin, saringlah dan minumlah sepertiga dari jumlah airnya 3 kali sehari.
  • Mengobati Kencing Manis.
Untuk manfaat buah rambutan yang terakhir ini terdapat pada bijinya, siapkan biji rambutan sebanyak 5 biji. Kemudian goreng sangran (tanpa menggunakan minyak goreng). Setelah itu giling hingga menjadi serbuk, kemudian seduh dalam secangkir air panas. Setelah dingin, minumlah sekaligus 2 kali sehari.

Itulah postingan kami mengenai manfaat buah rambutan yang baik untuk kesehatan. Konsumsilah buah rambutan dalam jumlah yang cukup. Semoga bermanfaat. Salam Pola Hidup Sehat.

0 komentar:

Posting Komentar