Pengertian Zat Besi dan Manfaatnya

Pengertian Zat Besi dan Manfaatnya - Tipraktis.blogspot.com Istilah Zat Besi sudah sering kita dengar dalam kehidupan sehari-hari, mulai dari bungkus makanan yang menjelaskan bahwa produk makanannya mengandung zat besi hingga perbincangan mengenai pentingnya zat besi. Lalu apa pengertian zat besi itu ? Zat Besi merupakan mikro elemen yang essensial bagi tubuh, artinya zat besi sangat penting dan dibutuhkan oleh tubuh. Nutrisi ini benar-benar harus ada dalam tubuh, zat besi berkaitan erat dengan ketersediaan jumlah darah yang diperlukan tubuh. Zat besi diperlukan untuk pembentukan darah (hemopebosis). Zat Besi mempunyai nama lain atau istilah kimianya yaitu ferrum (Fe).
Pengertian Zat Besi dan Manfaatnya
Zat Besi
Kebutuhan tubuh akan Zat Besi berbeda dari setiap orang, mulai dari anak kecil hingga orang dewasa. Untuk Laki-laki memiliki cadangan zat besi yang berada dalam limpa dan sumsum tulang. Cadangan zat besi yang dimiliki laki-laki sebanyak 500-1500 mg. Sedangkan wanita hanya mempunyai cadangan zat besi sebanyak 0-300 mg. Sehingga orang yang paling sering mengalami kekurangan darah (anemia) adalah wanita. Menurut Wikipedia.org Kebutuhan akan zat besi tergantung kepada jenis kelamin dan umur. 

Berikut daftar kebutuhan zat besi sesuai jenis kelamin dan umur :


  1. Anak dengan usia 2-6 tahun 4,7 mg/hari.
  2. Usia 6-12 tahun 7,8 mg/hari.
  3. Laki-laki 12-16 tahun 12,1 mg/hari.
  4. Gadis 12-16 tahun 21,4 mg/hari.
  5. Laki-laki dewasa 8,5 mg/hari.
  6. Wanita dewasa usia subur 18,9 mg/hari.
  7. Wanita Menopause 6,7 mg/hari.
  8. Ibu menyusui 8,7 mg/hari.
Untuk mencukupi kebutuhan zat besi dalam tubuh, anda perlu mengkonsumsi makanan sumber zat besi agar mampu menghindari kekurangan darah. Makanan yang menjadi sumber zat besi diantaranya telur, daging, ikan, kacang-kacangan seperti kacang kedelai, kacang hijau dan sayuran berwarna hijau tua (bayam, kangkung, ) serta buah-buahan (buah jeruk, buah aprikot, buah prune). Penyerapan zat besi yang paling banyak adalah dari sumber makanan hewani antara 10-20 %, sedangkan dari sumber makanan nabati sekitar 1-2 % saja.
Pengertian Zat Besi dan Manfaatnya
Manfaat Zat Besi

Diantara beberapa manfaat zat besi untuk tubuh, akan dijelaskan sebagai berikut :


  1. Membentuk Hemoglobin (Sel Darah Merah). Manfaat zat besi yang pertama adalah membentuk hemoglobin dimana hemoglobin menjadi unsur penting dalam membawa oksigen ke seluruh tubuh.
  2. Mengantarkan Oksigen ke Seluruh Tubuh. Oksigen dibutuhkan oleh setiap organ pada tubuh untuk melakukan aktivitas rutin. Oleh karena itu zat besi bertindak sebagai pengantar oksigen ke seluruh tubuh.
  3. Mencegah Anemia. Anemia atau kurang darah sering diartikan sama dengan darah rendah. Keduanya memiliki makna yang berbeda, anemia disebabkan oleh kekurangan zat besi. Gejala yang dirasakan oleh penderita anemia seperti cepat lelah, sakit kepala, mata yang pucat, dan sering mual di Pagi Hari. (Baca juga Pengertian, Gejala dan Pencegahan Penyakit Anemia)
Demikian postingan mengenai manfaat zat besi yang baik untuk kesehatan tubuh terutama dalam mengatasi kekurangan zat besi (anemia). Semoga Bermanfaat. Salam Pola Hidup Sehat. 
thumbnail
Judul: Pengertian Zat Besi dan Manfaatnya
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh

Artikel Terkait Istilah Kesehatan :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2013. About - Sitemap - Contact - Privacy
Template Seo Elite oleh Bamz