Inilah Manfaat Daun Seledri yang Baik untuk Kesehatan

Manfaat Daun Seledri - Tipraktis.blogspot.com Hampir semua Ibu Rumah Tangga sudah tidak asing lagi dengan yang namanya daun seledri, mereka sering menggunakannya untuk memasak sayur sop. Sayur sop yang ditambahkan dengan daun seledri akan memberikan aroma yang khas dan wangi sehingga menggugah selera makan kita. Daun seledri sering ditambahkan bukan hanya pada sayur sop, daun seledri sering ditambahkan pada bakwan, bubur ayam, bakso dan aenek jenis makanan yang lainnya.daun seledri dapat menambah cita rasa tersendiri sehingga makanan terasa segar. Oh. . . ada yang lupa, daun seledri memiliki nama latin yaitu Apium Graveolens.

Namun, meskipun namanya sudah populer di kalangan masyarakat, manfaat daun seledri belum banyak diketahui oleh masyarakat. 

Berikut Manfaat Daun Seledri untuk Kesehatan,

  1. Menambah sistem kekebalan tubuh.
  2. Kandungan kalsium pada daun seledri mampu menenangkan saraf.
  3. Manfaat Daun Seledri juga bisa Menurunkan tekanan darah tinggi. Daun seledri mengandung senyawa phthalides yang mampu menurunkan tekanan darah tinggi dengan merelaksasi otot-otot sekitar arteri sehingga pembuluh darah melebar. Senyawa inilah yang memberikan aroma khas pada seledri.
  4. ManfaatDaun Seledri yang keempat adalah mampu membantu menjaga kesehatan tulang. Kandungan vitamin K, kalsium dan magnesium dapat membantu dalam menjaga kesehatan tulang. Dalam daun seledri juga mengandung poliasetilen, zat ini merupakan zat anti radang yang bisa mengurangi resiko pembengkakan dan nyeri yang terasa pada seluruh sendi tulang.
  5. Membantu perbaikan gigi.
  6. Manfaat daun seledri juga bisa Manambah nafsu makan.
  7. Memperlambat proses penuaan dini.
  8. Manfaat daun seledri juga ternyata mampu menurunkan kolesterol. Bagi anda yang memiliki masalah kolesterol tinggi, anda bisa mengkonsumsi daun seledri minimal 2 batang setiap hari. Hal ini cukup efektif untuk menurunkan kadar kolesterol. Daun seledri membantu meningkatkan sekresi asam empedu yang dapat membantu menghilangkan kolesterol dari tubuh.
  9. Kandungan antioksidan yang tinggi bekerja sebagai anti kanker. Manfaat daun seledri mengandung beberapa senyawa anti kanker seperti phthalides dan poliasetilen membantu mendetoksifikasi (menghilangkan racun) karsinogen (pencetus kanker). apigenin dan luteolin dalam daun seledri membantu menurunkan resiko penyakit jantung dan kanker.
  10. Manfaat daun selderi yang kesepuluh adalah menurunkan resiko terkena peradangan otak. Pertambahan usia manusia akan menimbulkan resiko yang lebih besar untuk terjadinya peradangan otak. Manfaat daun seledri yang mengandung luteolin mampu menurunkan resiko peradangan pada otak. Zat tersebut juga berperan mencegah hilangnya memori atau mengurangi resiko pikun. Bagi anda yang menginginkan kesehatan otak di masa mendatang perlu mulai mengkonsumsi daun seledri dari hari ini.
  11. Memiliki sifat diuretik alami. Diuretik adalah keadaan yang menyebabkan kita mudah untuk kencing. Hal ini penting dalam mencegah batu ginjal dan batu empedu. Sehingga manfaat daun seledri yang satu ini bermanfaat bagi penderita kencing batu. Kandungan kalium dan sodium akan merangsang produksi urin dan mengatur keseimbangan cairan dalam tubuh.
Itulah manfaat daun seledri yang tidak banyak diketahui oleh orang. Konsumsilah daun seledri dengan rutin, anda bisa mencampurkannya ke dalam makanan sesuai selera yang penting rasa makanannya tetap lezat. Semoga bermanfaat. 

0 komentar:

Posting Komentar