Kebiasaan Mendengkur Bisa Picu Kematian

Kebiasaan Mendengkur - Tipraktis.blogspot.com Anda pasti benci ketika melihat orang di sekitar kita tidur dengan mendengkur. Selain suaranya mengganggu, kebiasaan mendengkur sebnarnya sebuah kebiasaan yang berbahaya. Banyak orang yang tidak mengetahui bahaya tidur mendengkur, mereka beranggapan kalau mendengkur artinya tidur seseorang itu sangat pulas. Padahal, mendengkur berarti aliran napas seseorang terhambat sehingga bisa mendatangkan kematian karena napas terhenti.
Dr. Ari Cahyono saat menyampaikan seminar
"Selain bunyi dengkuran keras yang sangat mengganggu teman tidur, pendengkur berat umumnya mengalami gangguan sumbatan pernapasan saat tidur (obstructive sleep apnoea/OSA)," kata Dokter Spesialis Telinga Hidung Tenggorok (THT) RS Premier Bintaro, dr Ari Cahyono, SpTHT dalam acara media gathering, waspada gangguan tidur di RS Premier Bintaro, Rabu (30/5).

Dr. Ari juga mengungkapkan gangguan OSA dalam waktu panjang bisa menyebabkan berbagai gangguan kesehatan, antara lain hipertensi, kegagalan jantung, stroke dan gangguan pembuluh jantung.

"Seseorang mungkin tidak menyadari dirinya mengalami OSA karena merasa sepanjang malam tidurnya lelap. Namun, dampak yang timbulkan akan membawa petaka yakni, kematian," Kata Dr Ari. Dia juga mengatakan pasokan 

Suara dengkuran seseorang dihasilkan dari bentuk sumbatan yang menghalangi aliran udara melalui hidung atau mulut. Di sela-sela mendengkur, penderita OSA akan berhenti bernapas secara berulang selama tidur. Jeda napas terjadi selama 10 detik sehingga menurunkan pasokan oksigen. Implikasinya, penurunan pasokan udara tersebut bisa memicu pertumbuhan sel-sel kanker semakin cepat.

Gejala seseorang menderita OSA adalah mendengkur dengan suara keras,terengah-engah selagi tidur,rasa kantuk yang berlebihan di siang hari,sering sakit kepala, mengalami masalah pada ingatan dan susah konsentrasi, kerongkongan terasa kering, atau sering buang air kecil pada malam hari.

Untuk menghindari penyakit OSA ini, yang terpenting anda lakukan adalah sebisa mungkin menghilangkan kebiasaan mendengkur. Mendengkur biasa terjadi akibat kelebihan berat badan, makan malam saat larut malam menjelang akan tidur, yang membuat tubuh sibuk bekerja mencerna pada saat orang yang bersangkutan tidur malam.

Berikut Tips yang disarankan oleh dr. Ari uintuk menghilangkan kebiasaan mendengkur
  1. Jangan memaksa diri untuk bekerja terlalu lelah.
  2. Berrsihkan saluran pernapasan sebelum tidur (terutama rongga hidung).
  3. Pada saat tidur usahakan posisi badan miring dengan kepala berada lebih tinggi.
  4. Berhenti merokok jika Anda seorang perokok.
  5. Menjaga pola makan agar terhindar dari obesitas.


0 komentar:

Posting Komentar